Pagi Ini Jarak Pandang di Pekanbaru Hanya 500 Meter

Ilustrasi fog di Pekanbaru. (dok)

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Jarak pandang atau visibility di Kota Pekanbaru terpantau terbatas, Rabu (30/12/2020). Sejak pagi tadi pukul 07.10 WIB, jarak padang di Kota Pekanbaru hanya 500 meter saja.

Namun meski demikian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan jarak pandang yang terbatas itu bukanlah disebabkan oleh asap.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo mengatakan, penyebab jarak pandang terbatas di Kota Pekanbaru pagi ini adalah kabut.

"Itu bukan asap, itu kabut," ujar Ahmad Agus Widodo, Rabu (30/12/2020).

Kabut disebabkan karena adanya massa uap air yang tertahan oleh suhu udara, jadi melayang-layang di permukaan tanah. Itulah yang menyebabkan terjadinya kabut tebal sehingga jarak pandang di Pekanbaru terbatas.

"Kabut ini tidak akan berlangsung lama, saat matahari sudah terbit, kabut itu akan segera hilang dan jarak pandang akan kembali normal," sebutnya.

Untuk suhu udara di Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Utara – Timur Laut dengan kecepatan 05 – 27 KM/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter.






Tulis Komentar