Sebelum Refocusing Selesai, Pemko Dua Kali tidak Dikirimkan DAU

M Jamil

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah dua kali tidak dikirimkan Dana Alokasi Umum (DAU) oleh pemerintah pusat. Penyebabnya, pergeseran anggaran atau refocusing anggaran belum selesai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg MSi menyebut, saat ini pergeseran anggaran, refocusing yang dibahas bersama tim anggaran sudah selesai dan sudah serahkan kepada Kementerian Keuangan.

"Makanya untuk pengesahan itu sudah kita paparkan semuanya, mudah-mudahan dapat segera cair, karena kita sudah dua kali tidak dikirimkan dana DAU, akibat dari refocusing anggaran yang belum terselesaikan," kata Sekda, Sabtu (8/5/2021).

Lanjutnya, Kota Pekanbaru tidak terlambat. Tapi masih ada lagi Kabupaten kota di Riau ini yang belum menyelesaikan. Ia berharap, kalau selesai dan sudah dikirimkan DAU, ada pembayaran lain-lain.

"Kita usahakan. 8 persen dari APBD kita sekitar Rp68 miliar, karena pengaruhnya transfer pusat belum masuk, tapi kalau transfer pusat masuk kita Insya Allah bisa kita bayarkan semuanya," jelasnya.

Kata dia, gaji ASN yang berasal dari DAU terpaksa ditalangi dengan kas. "Kalau DAU itu masuk, Insya Allah kas kita akan terisi lagi," jelasnya.






Tulis Komentar