Puluhan Atlet Panahan PERPANI Inhil Gelar Latihan Gabungan


TEMBILAHAN, (INDOVIZKA)- Puluhan atlet panahan uji skill dalam Latihan Gabungan (Latgab), di Venue Futsal Jalan Lingkar Satu Tembilahan, Sabtu (8/1/2022). 

Latgab dihelat Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Pengurus Kabupaten  Indragiri Hilir ini,  dibuka Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda  Olahraga dan Kebudayaan (Parporabud) Inhil, Drs  H Junaidi Ismail.

Ketua Persani Inhil Ir H Amd Junaidi An MSi menyebutkan, latihan gabungan yang digelar Perpani Inhil ini adalah yang kedua kalinya sejak terbentuk kepenguran baru.

"Pada bulan Desember 2021 kita sudah pernah mengadakan latihan gabungan, namun  mamang tidak resmi seperti sekarang," kata Ir H Amd Junaidi An MSi.

Saat ini Perpani Inhil sangat membutuhkan perhatian pemerintah, terutama minimnya fasilitas yang dimiliki  Persani Inhil.

"Selain busur, anak panah dan papan target, seorang atlet panahan juga membutuhkan alat pendukung, seperti bracer (pelindung dada), quiver (tempat anak panah), dan finger tab (pelindung jari), " ujar Ir H Amd Junaidi An MSi.

"Peralatan untuk olahraga ini biasanya punya harga relatif mahal, sehingga  jarang orang membeli untuk pribadi. Jadi jika hendak berlatih memanah, lebih baik bergabung ke klub yang ada atau ke Persani Inhil," lanjutnya.

Ketua Koni Inhil H Syamsurizal Awi  yang diwakili Ketua Tiga Bidang Pembinaan Atlet Said Adnan menyebutkan, Koni Inhil akan terus melakukan pembinaan semua cabor yang tergabung di Koni termasuk Perpani. 

"Saya mewakili ketua umum Koni Inhil mengucapkan terimakasih pada Perpani Inhil yang telah mengadakan latihan gabungan. Ini membuktikan bahwa Perpani Inhil yang sempat vakum sudah bangkit  kembali, meski kondisi sekarang masih dalam pandeni covid 19," ujar Said Adnan.

Sementara itu  Kadis Parporabud Inhil Drs H Junaidi Ismail, menyambut baik adanya latihan gabungan yang digelar Perpani Inhil.

"Tanamkan dan kuatkan  jiwa adik-adik semua, berlatih dengan tekun, jadilah atlet panahan yang profesional," ujar Junaidi Ismail.

"Sesuai dengan motto yang ada, Fokus Satu Arah Untuk Satu Tujuan, artinya kalau kita fokus dalam berlatih insya Allah  apa yang diinginkan akan tercapai," lanjut Junaidi Ismail.

Sebelum membuka Latgap Perpani secara resmi, Junaidi Ismail sempat bercerita bahwa Olahraga Panahan ini termasuk olahraga tertua. Dimana pada zaman dahulu, keahlian memanah bermula dari kebutuhan hidup, seperti berburu.

"Makanya  orang zaman dahulu kalau memanah ini harus pitis (tepat), main apa saja harus pitis, kalau tidak pitis itu belum mantap," ujarnya 

"Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Latihan Gabungan Persatuan Panahan Indonesia secara resmi saya buka," tutur Junaidi Ismail, sambil menagkhiri sambutanya.rls






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar