Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Korea Selatan Jadi Pelatih Baru Timnas Malaysia


JAKARTA (INDOVIZKA) - Timnas Malaysia punya pelatih baru. Tim berjuluk Harimau Malaya itu resmi ditangani oleh Kim Pan-gon.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan Kim Pan-gon menjadi pelatih Timnas Malaysia pada Jumat (21/1/2022) melalui akun Instagram asosiasi, @famalaysia.

Sebelum menerima pinangan Timnas Malaysia, Kim Pan-gon menjabat sebagai Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) sejak Januari 2018.

Kim Pan-gon terakhir kali melatih pada Desember 2017. Ketika itu, lelaki berusia 62 tahun ini memoles Timnas Hong Kong selama empat tahun lebih.

"Pemilihan Kim Pan-gon dilakukan setelah evaluasi menyeluruh terhadap kandidat dari berbagai negara antara lain dari Jepang, Eropa, dan Amerika Latin," kata Presiden FAM, Datuk Haji Hamidin Haji Mohd Amin dinukil dari laman FAM.

Alasan FAM Tunjuk Kim Pan-gon

Timnas Malaysia baru ditinggalkan Tan Cheng Hoe dari kursi pelatih. Arsitek berusia 53 tahun itu mundur setelah Harimau Malaya tersingkir di babak penyisihan Piala AFF 2020.

"FAM merasa Kim Pan-gon adalah kandidat terbaik untuk menangani Harimau Malaya berdasarkan pengalaman yang luas sebagai pelatih di level klub dan timnas. Selain dari sistem Timnas Korea Selatan selama empat tahun terakhir," ujar Datuk Haji Hamidin.

Kim Pang-gon dikabarkan meneken kontrak dua tahun plus klausul perpanjangan dua tahun dengan Timnas Malaysia dan akan membawa beberapa asisten.

"Kim Pan-gon diperkirakan tiba di Malaysia pada awal Februari 2022 dengan asistennya yaitu pelatih, pelatih kiper, pelatih fisik, dan analis," jelas Datuk Haji Hamidin.

Tugas pertama Kim Pan-gon bersama Timnas Malaysia adalah Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022 yang pengundiannya bakal digelar pada Februari 2022.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar