Cegah Kebingungan Jemaah Haji, Alur Keberangkatan Lebih Ringkas

Ilustrasi

JAKARTA - Alur keberangkatan calon jemaah haji tahun ini akan dibuat lebih ringkas dan mudah. Beberapa proses pemeriksaan dilakukan di asrama haji masing-masing, dan para jamaah juga akan langsung menuju pelataran pesawat (apron) Terminal 2F.

Senior Manager of Branch Communication & Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soetta mengatakan, pemeriksaan dokumen keimigrasian dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi, termasuk juga pemeriksaan bea cukai.

"Setelah semua selesai, termasuk Imigrasi, Bea Cukai ya, kemudian jemaah akan dibawa dengan bus ke Bandara Soekarno-Hatta. Di Soekarno-Hatta, akan melewati sisi udara yaitu apron Timur, akan tiba di T2F yang akan digunakan Terminal 2F (Gate) 6 dan 7," kata Holik, dikutip dari iNews.id pada Sabtu (4/6/2022).

Kemudian, seluruh calon jamaah haji akan menjalani pemeriksaan lanjutan begitu tiba di Terminal 2F. Terminal 2F juga disediakan holding area yang berkapasitas kurang lebih 900 tempat duduk, yang dilengkapi fasilitas pendukung seperti 15 unit portabel toilet, mushala perempuan dan mushala pria.

"Di setiap koridor sudah kita siapkan fasilitas holding yang menampung sekitar 800-900 orang," ujar Holik.

Pemeriksaan dokumen keimigrasian oleh petugas Imigrasi Arab Saudi akan dilakukan juga di lokasi yang bersebalahan langsung dengan holding area ini. Ada sebanyak 15 konter khusus Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, 3 konter diantaranya khusus untuk calon jemaah haji yang menggunakan kursi roda.

"Kemudian di Bandara Soekarno-Hatta ada konsep Makkah Route. Di mana ada fasilitas free clearance dari Saudi Arabia. Sehingga menguntungkan jemaah tidak perlu lagi mengantre (saat tiba) di bandara tujuan," terang Holik.

Setelah selesai melakukan clearance keimigrasian oleh petugas Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, para calon jemaah Haji akan menuju holding area kedua. Selanjutnya para calon jemaah haji dapat langsung menuju ke boarding lounge 6 dan 7 untuk menunggu waktu penerbangan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Imigrasi Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, maka penumpang akan menuju boarding lounge di 6 dan 7," tutur Holik.

Untuk diketahui, sebanyak 29.000 calon jemaah Haji akan berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soetta. Mereka terbagi menjadi 73 kelompok terbang (kloter). Pemberangkatan calon jemaah haji di Bandara Soetta akan berlangsung mulai 4 Juni - 5 Juli 2022. Mereka diberangkatkan menggunakan dua maskapai yaitu, Saudia Airlines dan Garuda Indonesia. (*)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar