Pemprov Riau Deteksi Dini Virus Corona dari Pelabuhan dan Bandara

Pemprov Riau berupaya melakukan penangkalan masuknya virus corona. Bandara dan tiga pelabuhan di Riau terus diawasi dengan memasang alat pemindai suhu panas.

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau fokus lakukan langkah antisipasi pencegahan dan penangkalan virus corona di dua tempat pintu masuk. Yakni melalui bandara udara Sultan Syarif Kasim (SSK) serta pintu masuk melalui tiga pelabuhan khususnya di Pekanbaru, Indragiri Hilir dan Dumai.

Ditempat-tempat pintu masuk dari warga asing datang ke Riau ini, telah dilakukan pemindaian melalui alat pendeteksi panas (termal scanner) setiap penumpang yang datang, khususnya kedatangan international.

"Riau berbatasan langsung dengan negara lain. Karena itu, bandara dan tiga pelabuhan di Inhil dan Dumai jadi prioritas untuk melakukan deteksi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, pada acara konfrensi pers kesiapsiagaan Riau hadapi penyebaran virus corona, di ruang kenanga Kantor Gubernur Riau, Selasa (3/3/20).

Turut hadir, Direktur RSUD Arifin Ahmad Nurzeli, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDai) Riau Zul Hasdi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru Syarifuddin.

Lanjut Mimi, melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan sampai saat ini terus melakukan deteksi dini di pintu masuk dengan menggunakan termal scanner baik di pintu masuk bandara maupun di pelabuhan.

Hanya saja selama pemindaian dilakukan, belum ada terdeteksi suhu panas di atas 38 derjat, yang menjadi ciri-ciri orang terserang virus corona.

Lebih lanjut, Mimi menjelaskan jika ternyata memenuhi kriteria kasus suspect maka dilakukan langsung rumah sakit rujukan. Kemudian, dilakukan tindakan penyehatan terhadap barang dan alat angkut.

Kemudian mengidentipikasi penumpang lain yang beresiko (kontak erat). Selain itu, dua barisan depan, kanan dan kiri penumpang diduga terpapar virus corona, dilakukan karantina satu kali masa inkubasi terpanjang.***(mok)
 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar