Raih Adipura 5 Kali, Bupati Siak Janjikan BLH Kebersihan Akan Dapat Insentif

Bupati Siak Alfedri. (Cakaplah)

INDOVIZKA.COM - Bupati Siak Alfedri berencana menambah penghasilan atau insentif kepada tenaga Buruh Harian Lepas (BHL) petugas kebersihan se-Kabupaten Siak.

Kebijakan itu sebagai bentuk apresiasi tinggi dari pemerintah setempat karena petugas kebersihan dianggap sebagai pahlawan sehingga Siak berhasil meraih penghargaan Adipura lima kali dari Kementerian LHK.

"Kalau kondisi keuangan memungkinkan, semua BHL kita beri insentif," cakap Alfedri usai menggelar syukuran perolehan Adipura bersama tokoh dan masyarakat di Taman Siak Lawo, bawah Jembatan Siak, Kamis (2/3/2023).

Kata dia, komitmen itu akan terlaksana untuk tahun depan dan menyesuaikan kekuatan anggaran daerah. Sebab untuk gaji tenaga non ASN dan insentif, ada ketentuan Kemenkeu bahwa anggaran belanja pegawai dibatasi maksimum 40 persen dari APBD.

"Besarannya kita belum tentukan sekarang, semua tergantung kemampuan keuangan daerah. Kalau memungkinkan insentif sudah kita bahas di APBD Perubahan tahun ini," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Siak, Wan Fajri melalui Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Jon Efendi mengatakan saat ini BHL yang ada secara keseluruhan berjumlah 2.000 lebih. Namun yang berada di bawah naungan DLH berjumlah 485 orang.

Dia senang mendengar Bupati Siak akan memberi insentif ke petugas kebersihan, apalagi targetnya Siak ingin meraih Adipura Kencana. Dengan begitu diharap kinerja petugas kebersihan semakin meningkat.

Dia menjelaskan, saat ini besaran gaji BHL di Siak masih standar, untuk petugas biasa berkisar Rp1 - Rp1,5 jutaan. Berbeda dengan kepala pengawas, besaran yang diterima berkisar Rp2 jutaan. Beberapa OPD menaungi langsung BHL yaitu DLH, PU Tarukim dan Disdagperin.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar