Dibuka Wabup Inhil, 50 Orang Berbagai Instansi Ikuti Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Water Rescue

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru menggelar pelatihan potensi SAR pertolongan di permukaan air (Water Rescue) di Aula Hotel Top 5 Tembilahan, Selasa (7/3/23). (Fya/indovizka)

INDOVIZKA.COM - Guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat dalam setiap operasi SAR yang profesional, efektif dan efesien, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Pekanbaru menggelar pelatihan potensi SAR pertolongan di permukaan air (Water Rescue) di Aula Hotel Top 5 Tembilahan, Selasa (7/3/23).

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama 7 hari dengan 50 orang peserta utusan berbagai instansi dan organisasi di Pemerintahan Kabupaten Inhil. 

Dibuka langsung oleh Wakil Bupati Inhil, H Syamsudin Uti dan dihadiri Direktur Bina Tenaga Basarnas (BNPP), Kodim 0314 Inhil, Kapolres Inhil, Kakan Pencairan dan Pertolongan Pekanbaru, Kepala OPD terkait serta intsruktur dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur Bina Tenaga Basarnas (BNPP), Marsekal Pertama Marsma TNI Tarjoni, S.Sos menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap masyarakat sehingga tahu teknik pencarian dan pertolongan saat terjadi musibah.

"Jangan sampai kita yang melakukan pertolongan tapi malah kita yang celaka, jadi kita ajarkan supaya peserta bisa mengetahui teknik dasarnya. Bagaimana kita menghadapi gempa, antisipasi gempa susulan dan sebagainya sehingga memperkecil terjadi kecelakaan tersebut," ucapnya.

 

Ia juga menyampaikan, pihaknya memang rutin mengadakan latihan terkait penyelamatan dan pertolongan, misalnya ada dengan menggunakan helikopter, latihan di kapal, perairan dan sebagainya.

 

"Kita juga laksanakan lomba melakukan penyelamatan dan pertolongan supaya kita juga aman dan selamat," tambah mantan Komandan Pangkalan TNI AU Suryadarma (Lanud SDM) tersebut.

 

Sementara itu, Wabup Inhil H Syamsuddin Uti mengucapkan rasa terima kasih kepada Basarnas Pusat yang menyasar kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hilir.

 

"Pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan terkadang sangat bervariasi dan medan yang cukup sulit, namun saya percaya dengan bekal pengetahuan dan keterampilan kalian akan menjadi mitra kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru dalam operasi yang profesional, berdedikasi serta bertanggung jawab," ujarnya.

 

Lanjutnya, untuk menunjang kegiatan Basarnas di Inhil, Pemkab Inhil telah memberikan hibah sebuah tanah dan ada juga gedung untuk digunakan yang mana tujuannya untuk membantu operasional Basarnas di Inhil.

"Karena di Inhil cukup sering terjadi bencana-bencana yang tidak terduga, kehadiran Basarnas dan dilakukan pelatihan bersama selama seminggu ini, adalah hal yang sangat baik. Kami pemerintah dan Forkopimda Inhil sangat terbantu atas hadirnya Basarnas dan kegiatan yang dilakukan," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar