Pengkab IPSI Inhil Tatar dan Upgrade Ilmu Wajur dan Pelatih Pencak Silat

Photo bersama peserta pelatihan


TEMBILAHAN, INDOVIZKA.COM- Pengurus Kabupaten Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia  (Pengkab IPSI) Indragiri Hilir melaksanakan Penataran dan Upgrading Wasit Juri dan Pelatih Cabang Olahraga Pencak Silat se-Kabupaten Indragiri Hilir di Hotel Telaga Puri Tembilahan mulai tanggal 12-14 Maret 2023.

Sebanyak 54 orang dari 14 perwakilan perguruan pencak silat se-Inhil ikut ambil bagian untuk mengupgrade pengetahuan Wasit Juri (Wajur) dan ilmu kepelatihan yang dipimpin langsung instruktur Wajur Nasional Jefri Kaldo dan Pelatih Nasional Tri Juanda.

Berdasarkan data yang dihimpun Indovizka.com, peserta Wajur diikuti sebanyak 35 orang dan Pelatih 19 orang. Adapun perguruan silat yang mengikuti kegiatan ini adalah Perguruan HIMSI, PSHT, Persigu, Pagar Nusa, IKSPI Kera Sakti, Tapak Suci, TS PPM AL Azkiya, Golok Pembela, SMI, Persigu Al-Hikmah Garuda Putih, Bintang Suci, Tapak Suci Putra Muhammadiyah dan Pukulan Cimande Kombinasi.

Ketua Umum IPSI Indragiri Hilir, Burhan Said dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan penataran ini perlu dilakukan dikarenakan khususnya Cabor Pencak Silat telah banyak mengalami beberapa perubahan peraturan dari hasil Munas 2022 lalu,  baik dari peraturan perwasitan, maupun peraturan bagi Atlet yang akan bertanding diajang Kejuaraan Pencak Silat kedepannya.

"Berdasarkan hasil Munas IPSI 2022, peraturan perwasitan dan peraturan atlit bertanding banyak perubahan. Jadi penataran dan mengupgrade ilmu wasit dan pelatih pencak silat ini sangat perlu dilaksanakan," ucap Burhan Said.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kamaluddin, S.Pd.I dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan Pengurus Kabupaten IPSI Kab. Inhil dengan biaya mandiri (swadaya dari peserta, red) karena belum tersedianya dana pembinaan dari Induk Cabang Olahraga, sedangkan percepatan Upgrading perlu segera untuk dilaksanakan. 

Berdasarkan hasil Raker IPSI, dijelaskan Kamaluddin bahwa di tahun 2023 ada beberapa event yang akan dilaksanakan, seperti Kejurkab se-Inhil dan Kejurprov Riau.

"Ada beberapa event yang diagendakan tahun 2023 inj, sehingga sudah merupakan kebutuhan untuk mengupgrade pengetahuan Wajur dan Pelatih Pencak Silat di Inhil," kata Kamaluddin.

Hal Senada juga disampakan Ketua KONI Inhil melalui Wakil Ketua Umum KONI Bidang Binpres Said Adnan mengatakan, jika melihat dari perkembangan sesuai informasi yang berkembang dengan peraturan pertandingan terbaru, maka memang wajib untuk dilakukan Upgrading baik bagi Pelatih maupun Wasit Juri Cabor Pencak Silat, khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Harapannya agar kedepannya Pencak Silat Inhil bisa lebih baik lagi dan tidak ketinggalan informasi serta perkembangan peraturan terbaru," tutup Said Adnan singkat.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar