Bunda Literasi Inhil Sambut Hangat Kunjungan FTBM

Bunda Literasi Inhil, Hj Zulaikhah Wardan bersama Forum Taman Bacaan Masyarakat. (Fya/indovizka)

INDOVIZKA.COM - Bunda Literasi Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Hj. Zulaikhah Wardan menyambut hangat kunjungan Ketua dan pengurus serta relawan Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Inhil di Rumah Dinas Bupati Inhil, Sabtu (18/3/23). 

Selain dalam rangka membangun sinergitas dalam mencerdaskan masyarakat Inhil, kunjungan ini juga bertujuan meminta ketersedian Bunda Literasi Inhil sebagai Narasumber dalam kegiatan Festival Baca yang rencananya akan ditaja oleh Forum TBM Inhil. 

Dikesempatan ini, Bunda Literasi Inhil, Hj. Zulaikhah  menyampaikan ucapan terima kasih kunjungan FTBM tersebut.

“Saya ucapankan terima kasih atas silaturahmi FTBM dan menyambut baik hal ini. Dimana tugas Bunda Literasi dengan mitra lainnya untuk dapat mengembangkan, memperkenalkan dan memotivasi seluruh masyarakat sejak usia dini dan menggaungkan literasi bisa direalisasikan,” Kata Hj. Zulaikhah Wardan. 

Bunda Zulaikhah juga mengatakan program yang dicanangkan oleh TBM Inhil diharapkan mampu mendobrak kembali minat baca masyarakat di era digitalisasi ini. 

“Di era digitalisasi saat ini, minat baca masyarakat tak terkecuali di Inhil masih sangat kurang. Maka dari itu kita harus menumbuhkan minat baca mulai dari usia dini sampai orang dewasa sehingga bisa menambah wawasan salah satunya melalui program dan kegiatan yang akan ditaja oleh TBM Inhil bersama Bunda Literasi nanti,” ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan, sebagai Bunda Literasi ia akan mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan minat dan budaya baca di Inhil, baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Bunda Literasi memiliki peran dan keterlibatan dalam meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat di Inhil, untuk itu saya akan mendukung semua kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan minat dan budaya baca,” tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Forum TBM Inhil, Ridwan mengungkapkan kesiapan pihaknya untuk bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Inhil, Bunda Literasi Inhil dan Dinas-Dinas terkait dalam meningkatkan minat baca masyakarat.

"Pertemuan ini bertujuan untuk menjalin sinergi untuk membantu mensukseskan program-program literasi di daerah Inhil. Kami TBM Inhil siap bersinergi dengan Pemerintah, Bunda Literasi, Dinas terkait dan semua kalangan agar pendidikan di Inhil bisa lebih maju lagi," ungkapnya.

Ridwan berharap pertemuan ini menjadi langkah awal dalam menghasilkan kerjasama yang baik. 

"Semoga dengan pertemuan ini bisa menghasilkan kerjasama yang baik sehingga apa yang kita niatkan, yang kita rencanakan untuk mencerdaskan bangsa melalui gerakan membaca buku kembali bersama masyarakat terutama anak-anak bisa berhasil sesuai apa yang kita harapkan," sebutnya. 

Diketahui, TBM Hamfara Library yang didirikan Ridwan telah mendapatkan prestasi tingkat Provinsi maupun Nasional. Di akhir tahun 2022 lalu TBM Inhil terpilih sebagai komunitas Literasi oleh Balai Bahasa Provinsi Riau dalam rangka Bulan Bahasa.

"Semoga saja ini bisa menjadi inspirasi Taman Baca lainnya dalam menggerakkan literasi," pungkasnya. 

Dalam kesempatan tersebut juga direncakan kolaborasi pembuatan sebuah buku oleh Bunda Literasi, Hj Zulaikhah Wardan bersama Forum TBM Inhil.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar