Cabor Wushu Riau Targetkan Juara Umum Dalam Porwil XI Sumatera

Ilustrasi Cabor Wushu dipertandingkan saat Porwil) XI Sumatera di Provinsi Riau (foto/int)

INDOVIZKA.COM - Cabang olahraga (Cabor) Wushu Riau menargetkan menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera. Event akbar itu bakal digelar di Riau pada November 2023 mendatang.

Ajang multi event olahraga terbesar di Sumatera ini juga menjadi ajang pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

Itu diungkapkan Sekum Pengprov Wushu Riau Ju Ho mengatakan, bahwa selama ini memang cabor wushu tidak pernah dipertandingkan di Porwil. Karena hanya diikuti oleh 10 provinsi di Indonesia.

Kemudian KONI Riau mengajukan wushu ke PB Wushu untuk dipertandingkan di Porwil. Atas usulan itu, akhirnya PB Wushu menerima dan akan dipertandingkan di Porwil, sekaligus untuk mencari atlet yang berprestasi yang menuju ke PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Di wushu nantinya diperkirakan ada 16 nomor yang akan di pertandingkan di Porwil dengan target menjadi juara umum untuk Cabor whusu. Untuk itu kami meminta dukungan," ujar Ju Ho, Selasa (4/4/2023).

Diketahui, setelah menerima Surat Keputusan sebagai tuan rumah Porwil XI Sumatra, KONI Provinsi Riau mulai mempersiapkan Cabor yang akan dipertandingkan. Dari rapat koordinasi bersama Binpres KONI Pusat, telah ditetapkan 10 Cabor yang akan dipertandingkan pada iven olahraga terbesar se-Sumatera tersebut.

Wakil ketua III KONI Riau Chairul Fahmi mengatakan, dari 10 cabor itu ada 4 cabor yang baru masuk di Porwil. Diantaranya cabor wushu, e-sport, bola tangan dan barongsai. Sedangkan 6 cabor lainnya merupakan cabor yang selalu masuk dalam setiap pelaksanaan Porwilda Riau boleh menambah satu Cabor unggulan.

"Berdasarkan rapat terakhir dengan binpres KONI pusat, itu ada sementara ada sembilan Cabor yang sudah fix. Pertama atletik, renang, voli indoor, catur, sepak bola, sepak takraw, bola tangan, e-sport, dan wushu. Kita masih menunggu konfirmasi satu cabor lagi yang kemarin sudah dikomunikasikan dengan KONI pusat itu ada barongsai," sebut Fahmi.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar