Progres Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Capai 75,13 Persen

Progres Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Capai 75,13 Persen Akan siap tahun ini. (Net)

INDOVIZKA.COM - Jalan tol Padang - Pekanbaru merupakan koridor penghubung jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) garapan PT Hutama Karya (Persero).

Saat rampung, pembangunan jalan tol yang dibagi menjadi 6 seksi tersebut akan menghubungkan konektivitas Provinsi Sumatera Barat dan Riau dengan total panjang 254 kilometer (Km).

Direktur Operasi III, Koentjoro, menjelaskan, pembangunan jalan bebas hambatan Padang - Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang signifikan. 

"Dari total enam seksi, Hutama Karya telah mengoperasikan jalan tol seksi Pekanbaru - Bangkinang pada Bulan September 2022 dan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Bulan Januari 2023 lalu. Selain itu, jalan tol Bangkinang - Koto Kampar dan Seksi Padang - Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana," kata Koentjoro, Rabu (17/5/2023).

Lebih rinci Koentjoro menjelaskan, progres konstruksi jalan tol Bangkinang - Koto Kampar sepanjang 24,7 Km telah mencapai 75,13 persen. Sedangkan untuk pengerjaan konstruksi 90,72% untuk progres pengadaan lahan.

Selain itu, progres pengadaan lahan jalan tol Seksi Padang - Sicincin dengan panjang mencapai 36,6 km sudah mencapai 85,82 persen, dengan progres konstruksi mengalami kemajuan mencapai 36,57 persen.

Sementara itu, 3 seksi jalan tol Padang - Pekanbaru lainnya, Sicincin - Bukittinggi, Bukittinggi - Payakumbuh, dan Payakumbuh - Koto Kampar akan dilaksanakan pada tahap IV pembangunan JTTS.

"Jalan tol Bangkinang - Koto Kampar nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas struktur, diantaranya

13 box underpass, 9 box pedestrian, 7 main bridge, 4 overpass, dan 1 barrier gate, 2x2 jumlah lajur dengan kecepatan rencana mencapai 80 km/jam," terangnya.

Pembangunan jalan tol yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023 mendatang ini juga mendapatkan dukungan penuh oleh Pemerintah Provinsi Riau. 

Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan mengatakan, keberadaan JTTS akan berdampak besar bagi masyarakat Riau. 

"Keberadaan JTTS ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan barang dan jasa, sehingga daya saing di Provinsi Riau akan semakin meningkat. Karenanya Pemprov Riau siap mendukung segala sesuatu kebutuhan untuk pembangunan proyek nasional itu," kata Job Kurniawan. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar