Dinkes Inhil Demonstrasikan MP-ASI

Demonstrasi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI). (Indovizka)

INDOVIZKA.COM - bersempena dengan pelaksanaan Gerakan Cegah Stunting sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Dinas Kesehatan Inhil melaksanakan Demonstrasi Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI).

Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Gajah Mada Tembilahan diberikan kepada para ibu/pengasuh mengenai pemberian makanan pendamping yang tepat, Selasa (16/5/23).

Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri menyebut kegiatan ini penting untuk meningkatkan pemahaman ibu/pengasuh tentang MPASI yang tepat. Pada akhirnya, ini bisa mendorong peningkatan angka kecukupan gizi anak- anak.

"Mengingat angka stunting di Kabupaten Inhil masih cukup tinggi, sangat diperlukan langkah tepat untuk menanganinya salah satunya dengan cara memberikan makanan pendamping ASI yang tepat kepada Bayi," ucap Rahmi.

Ia menjelaskan makanan pendamping ASI adalah makanan atau minuman bergizi seimbang yang diberikan kepada bayi berusia 6-24 bulan dengan takaran tertentu guna memenuhi kebutuhan gizi bayi. MPASI juga makanan peralihan dari ASI ke makanan keluarga namun tidak serta merta menggantikan peran ASI.

"MPASI diberikan pada usia yang tepat, yaitu ketika ASI saja tidak mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Waktu terbaik pemberian MP-ASI selambat-lambatnya usia 6 bulan. Namun pada kondisi tertentu, misalnya kenaikan berat badan (BB) yang kurang baik bayi dapat mulai diberikan MP-ASI setelah dievaluasi penyebabnya dan setelah kesiapan makannya dinilai oleh dokter," pungkasnya.

Demonstrasi pembuatan MP-ASI dari makanan keluarga untuk bayi usia 6-8 bulan yang didemonstrasikan oleh Puskesmas Tembilahan Hulu, MP-ASI bayi usia 9-11 bulan oleh Puskesmas Gajah Mada dan usia 12 bulan ke atas oleh Puskesmas Tembilahan Kota.

Untuk diketahui, kegiatan yang diikuti ratusan peserta, terdiri dari 45 ibu hamil, 45 balita dan Bupati HM Wardan didampingi unsur Forkopimda, Sekda, Sekwan dan sejumlah Pimpinan OPD, serta Ketua PWI Inhil Ardiansyah meninjau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar