Waspada, Sejak Juli 2023 Tercatat 14 Hewan Peliharan di Riau Terinfeksi Rabies

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Sejak Januari hingga Juli 2023, tercatat sebanyak 14 kasus hewan peliharaan ditemukan positif rabies di Provinsi Riau.

Atas temuan kasus itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau meminta masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, agar berhati-hati terhadap penyakit rabies.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PKH Provinsi Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari, Jumat (21/7/2023).

"Sejak Januari sampai saat ini, kita mencatat ada 14 kasus hewan positif rabies di Riau," kata Faralinda.

Dia menjelaskan, 14 kasus rabies tersebut tersebar di beberapa daerah. Diantaranya di Kabupaten Indragiri Hilir 3 kasus, Pelalawan 1 kasus, Siak 4 kasus, Bengkalis 1 kasus, dan di Kota Pekanbaru 4 kasus serta di Rokan Hulu ada 1 kasus.

Faralinda menyampai, pihaknya Dinas PKH Riau mendistribusikan vaksin rabies ke 12 kabupaten kota di Riau. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies pada hewan terutama anjing dan kucing.

"Vaksin rabies sudah kami distribusikan ke pemerintah kabupaten kota melalui instansi terkait, dan mereka sudah ada yang melakukan vaksinasi. Utamanya bagi hewan jenis anjing dan kucing, ada juga beberapa hewan jenis musang yang dipelihara dan lainnya," tukasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar