Status Siaga, Hampir 32 Hektare Lahan di Pekanbaru Terbakar

Ilustrasi Kebakaran hutan dan lahan. (Net)

INDOVIZKA.COM - Kota Pekanbaru saat ini dalam Status Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) hingga akhir Oktober 2023. Penetapan status siaga itu seiring dengan cuaca panas yang melanda selama beberapa bulan ke depan.

Dengan kondisi cuaca yang sangat panas, juga membuat jumlah lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru bertambah. Saat ini sudah puluhan hektare lahan di Pekanbaru terbakar sejak awal Januari 2023.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, luas lahan yang terbakar mencapai 31,25 hektare. Lahan ini terbakar hingga akhir Juli 2023.

"Suhu udara cukup tinggi, saat ini hampir 32 hektare lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu (2/8/2023).

Dikatakannya, puluhan hektare lahan terbakar ini banyak terjadi di lahan kosong. Total kebakaran lahan ini terjadi di 51 lokasi kebakaran.

Dari data BPBD tersebut, kebakaran terbanyak terjadi di Kecamatan Rumbai. Luas lahan yang terbakar di kecamatan itu nyaris mencapai 11 hektare selama tujuh bulan ini.

Kemudian di Kecamatan Binawidya, yang mencapai 7,2 hektare. Pihaknya memastikan tim di lapangan terus melakukan patroli di wilayah rawan Karhutla di Pekanbaru. Mereka juga berjibaku memadamkan lahan yang terbakar di sejumlah titik.

Pihaknya menyebut, dalam upaya pemadaman kebakaran, dilakukan bersama tim gabungan dari unsur TNI dan Polri. Satu per satu titik kebakaran lahan dipadamkan agar tidak meluas ke lahan di sekitarnya.

"Kita berupaya agar kebakaran lahan tidak meluas, maka kita lakukan langkah antisipasi," sebutnya.

Ditambahkannya, rata-rata suhu di Kota Pekanbaru mencapai 38 derajat celsius semenjak memasuki tahun 2023. Tingginya suhu ini menyebabkan cuaca Kota Pekanbaru panas dan kering. 

Karena itu, pihaknya mengimbau agar warga tidak membakar di kawasan lahan yang kering. Suhu panas yang cukup tinggi membuat kekeringan dan memicu lahan kosong di Kota Pekanbaru rawan terbakar.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar