Cegah Kasus Sepsis, Gubri Ajak Masyarakat Riau Selalu Hidup Sehat

Gubri Syamsuar memperingati hari sepsis sedunia yang ditaja ISICIM di Pekanbaru (foto/int)

PEKANBARU, INDOVIZKA.COM- Indonesia Society of Intensive Care Medicine (ISICIM) di Pekanbaru memperingati Hari Sepsis Sedunia atau World Sepsis Day (WSD), Jumat (15/9/2023). Turut hadir Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Sebagai informasi Hari Sepsis Sedunia diperingati tiap 13 September. Peringatan hari Sepsis ini bertujuan meningkatan kesadaran tentang kondisi sepsis yang jarang terjadi, tetapi sangat berbahaya.

Sepsis merupakan kondisi ini terjadi akibat peradangan yang disebabkan infeksi. Sepsis merupakan kondisi serius karena dapat menyebabkan kegagalan organ vital tubuh seperti paru-paru dan ginjal. Sebab organ vital tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang diperlukan.

Gubri Syamsuar mengatakan, sepsis bisa menyerang berbagai kalangan umur, baik tua, muda, remaja. Fakta itu menimbulkan kekhawatiran di tengah-tengah masyarakat.

"Melalui peringatan hari sepsis seluruh dunia yang kita laksanakan pada hari ini, adalah salah satu upaya untuk mencegah pertumbuhan kasus sepsis di Indonesia bahkan di dunia," sebut Gubri dikutip MC.Riau.go.id.

"Harapannya pada momentum ini kita dapat saling bertukar pikiran serta informasi terkait pemecahan kasus sepsis yang ada di Indonesia dan Provinsi Riau sehingga dapat menemukan jawabannya seperti apa," sambungnya.

Lalu Gubri menyebut pemberian vaksin, menjaga kebersihan, penyediaan air bersih, serta penyediaan sarana prasarana yang baik adalah hal yang bisa diupayakan untuk mencegah pertumbuhan kasus sepsis.

"Pemprov Riau siap menempuh segala upaya yang dilakukan untuk mencegah pertumbuhan kasus sepsis di Indonesia. Bersama kita bisa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mencegah jumlah kematian akibat sepsis," pesan Gubri. (Adv)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar