Sempat Sakit 5 Hari, Harimau Sumatera di Medan Zoo Mati

Harimau Sumatera di Medan Zoo sakit dan mati (foto/detik)

INDOVIZKA.COM - Medan Zoo, milik Pemerintah Kota Medan, kehilangan salah satu harta berharganya. Harimau Sumatera berusia 11 tahun, yang diberi nama Erha ditemukan mati, Senin (6/11/2023) pagi.

Harimau langka ini ditemukan mati dan mengundang duka di antara pengunjung dan karyawan taman.

Dikutip dari detiksumut, pegawai Medan Zoo, Ahmad Arfan, menjelaskan Erha ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa oleh seorang karyawan pada pukul 08.00 WIB pagi. Kemudian, proses pemakaman Erha dilakukan sekitar pukul 11.30 WIB pada hari yang sama.

"Matinya tadi pagi, kalau pastinya kurang tahu tapi ditemukan karyawan jam 08.00 WIB, sudah dikuburkan di sini sekitar jam tengah 12 lah," sebur Ahmad Arfan di Medan Zoo.

Erha telah mengalami sakit selama lima hari terakhir sebelum kematiannya. Kondisinya memburuk ketika ia menolak untuk makan, membuatnya semakin lemas.

"Harimau sakitnya sekitar 5 hari yang lalu, awal-awalnya nggak mau makan, lemas lah yang pastinya. Nampak kurus sih karena dia nggak mau makan kan," ujar Ahmad Arfan.

Pihak Medan Zoo telah memberikan perawatan intensif kepada Erha selama sakitnya. Mereka memberikan vitamin dan obat-obatan dalam upaya untuk menyelamatkan harimau tersebut.

"Udah ditangani, sebelum meninggalnya sudah ditangani intensiflah dari hari Jumat, sudah dikasih vitamin, obat," tambahnya.

Saat ini, jumlah harimau di Medan Zoo tersisa 12 ekor, terdiri dari 5 ekor Harimau Sumatera dan 7 ekor Harimau Benggala.

Kehilangan Erha merupakan kerugian yang cukup besar, mengingat populasi harimau Sumatera yang sudah langka. Semoga langkah-langkah konservasi terus diambil untuk melindungi harimau Sumatera yang tersisa. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar