Resmi Dibuka Ketua AFK Inhil, 32 Tim Futsal U20 Ikuti Spankab Cup I 2024


TEMBILAHAN, INDOVIZKA.COM- Sebanyak 32 tim futsal di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) turut ambil bagian pada turnamen futsal U20 SPANKAB CUP I 2024. Turnamen yang digelar Spankab FC mulai 18-21 Juli 2024 ini secara resmi dibuka oleh Ketua Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Indragiri Hilir (Inhil) M. Ihsan di Venue Futsal Tembilahan,  Kamis, (18/7/2024).

Turut hadir pada acara pembukaan tersebut Kepala Dinas Parporabud Inhil diwakili Kabid Olahraga, Plt Sekretaris PSSI Inhil, owner Spankab, para sponsor  beserta para pemain, pelatih, meneger tim dan tamu undangan lainnya.

Kick off perdana yang dimulai usai pembukaan pada jam 10.00 Wib mempertemukan dipertandingan perdana antara Paska FC vs Taliban FC Tembilahan dan dilanjutkan AJS FC vs Basecamp Bunda Pekanbaru serta J Violet vs Tampomas dipartai kedua dan ketiga.

Ketua AFK Inhil M. Ihsan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya turnamen futsal U20 yang ditaja Tim Futsal Spankab FC Tembilahan.

Dikatakan Ihsan, AFK berharap siapa pun yang melaksanakan turnamen agar mempertimbangkan kelanjutan dari kegiatan yang dibuat. Turnamen antar pelajar maupun kategori usia seperti yang dilaksanakan Spankab ini tentu menjadi barometer AFK untuk melihat sejauh mana potensi-potensi yang dimiliki pemain muda Inhil.

 "Kalau ditingkat usia dini pelajar SD/Sederajat ada Indovizka Futsal Academy yang melaksanakan, tingkat SLTP dan SMA ada Dispora melalui Liga Futsal Inhil, MAN 1 Inhil, IFC dan Unisi sedangkan umum kategori U20 kita berharap SPANKAB tetap konsisten melaksanakan turnamen ini secara rutin setiap tahunnya," papar Ihsan.

Ia juga mengatakan, Porprov Riau kembali dilaksanakan pada tahun 2026 di Dumai dan Siak. Tentu turnamen ini juga menjadi momen AFK untuk memantau pemain-pemain berbakat untuk dipersiapkan sebagai atlit Futsal Inhil.

Secara nasional ada agenda tahunan seperti Liga Futsal Nusantara (LFN). Liga ini sebagai jembatan pemain untuk berkiprah dikancah tertinggi Liga Futsal Profesional (LFP) dengan ketentuan ada batasan usia pemain. Event ini menjadi salah satu sasaran AFK Inhil agar Harimau Rawa yang dulu dikenal dan disegani kembali lahir di Inhil.

"Sebenarnya Inhil punya peluang untuk berlaga kembali di Liga Futsal Profesional. Pada saat itu Exito FC Inhil keluar sebagai juara Liga Futsal Nusantara (LFN) 2015 lalu dan mewakili Riau di tingkat nasional, namun tidak mendapat support dari Pemerintah akhirnya Exito gagal berangkat," kenang Ihsan, yang juga pada saat itu pelatih yang berhasil mengantarkan Exito FC Tembilahan juara LFN 2015 di Pekanbaru.

Pada kesempatan itu, Ihsan juga menghimbau kepada seluruh tim futsal Inhil untuk segera mendaftarkan timnya secara legal di PSSI/AFK Inhil. Hal ini dimaksudkan agar setiap tim memiliki legalitas yang sah, memiliki hak suara kongres AFK dan menjadi tim di bawah binaan AFK Inhil.

"Jaga nama baik tim. Jadilah kebanggaan masyarakat Kabupaten Inhil. Selamat bertanding dan jaga sportivitas. Semuanya berpeluang untuk menang dan kalah. Jika menang pertahankan itu dan bagi yang kalah bisa mengasah lagi kemampuannya dan meraih kemenangan di lain kesempatan," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Spankab Cup I 2024, Syahruddin, mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mempererat hubungan silaturrahim antara pemain dan menjaring pemain muda berbakat.

Tak lupa, Syaharuddin juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada pihak sponsor dan panitia yang telah membantu terselenggaranya turnamen ini. 

"Terimakasih kami ucapakan kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya Spankab Cup 1 2024," ucap CEO Spankab FC ini.

Kepada seluruh pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan, piala dan sertifikat dengan rincian Juara 1 sebesar Rp.2,500.000 juara 2 Rp.2.000.000, juara 3 Rp1.000.000 dan juara 4 Rp.500.000 serta hadiah best player dan top skor.


 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar