Program UMKM Cemerlang, Fermadani Prioritaskan Bantuan Bagi Milenial Hingga IRT


TEMBILAHAN, INDOVIZKA. COM- Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hilir, Dr. H. Ferryandi, S.T., M.M., M.T. dan H. Dani M. Nursalam, S.Pi., M.Si atau dikenal Fermadani, mengumumkan program prioritas Ketujuh mereka yaitu 'UMKM Cemerlang'.

Program ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan daya saing dibidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh wilayah Indragiri Hilir.

Dr. H. Ferryandi menyatakan, produk UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian Indragiri Hilir selama ini. 

"Melalui program UMKM Cemerlang, kami berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan dan daya saing UMKM lokal," ungkapnya.

"Kami yakin dengan pemberdayaan UMKM yang terarah dan berkelanjutan, Indragiri Hilir dapat menjadi pusat agro industri unggul yang maju, sejahtera dan berdaya saing tinggi," tambah Dr. H. Ferryandi.

Senada juga dengan H. Dani M. Nursalam yang menjelaskan, bahwa program ini dirancang untuk menciptakan ekosistem UMKM yang kuat dan saling mendukung.

"Kami ingin melihat UMKM Indragiri Hilir tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dan bersaing di tingkat nasional bahkan internasional," jelas Dani.

Dalam program ini, Paslon Fermadani berencana untuk melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk didalamnya dinas-dinas terkait, lembaga keuangan dan komunitas bisnis dalam implementasinya.

Selain itu, Keduanya juga akan mendorong pemanfaatan teknologi digital untuk membantu UMKM beradaptasi dengan era ekonomi digital.

Untuk diketahui, program UMKM Cemerlang ini diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian daerah, menciptakan lapangan kerja baru dan ujungnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indragiri Hilir.

Dengan visi 'Indragiri Hilir sebagai pusat agro industri unggul, berdaya saing yang maju, sejahtera dan berkelanjutan menuju Indragiri Hilir Cemerlang', pasangan Fermadani optimis dapat membawa transformasi positif bagi sektor UMKM di Kabupaten Indragiri Hilir.

Adapun program UMKM Cemerlang meliputi dua poin utama yaitu :

1. Pemberian bantuan usaha dengan prioritas sasaran kelompok IRT, Pokmas Rentan dan pemuda Milenial serta Gen Z.

2. Membantu UMKM untuk naik kelas melalui inkubator bisnis dengan program Jinjing Pikul UMKM, yang terdiri dari:

a. Jinjing UMKM: Inisiatif untuk memberdayakan UMKM melalui pendekatan kolaboratif.

b. Pikul UMKM: Gerakan saling melengkapi dan menggabungkan UMKM yang memiliki potensi serupa.

Selanjutnya tujuan utama dari program UMKM Cemerlang adalah:

1. Peningkatan Skala Usaha

2. Penurunan Biaya Produksi

3. Peningkatan Kualitas Produksi

4. Perluasan Akses Pasar

5. Peningkatan Daya Saing UMKM






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar