Tata Cara Shalat Tarawih dan Witir di Rumah Selama Pandemi Corona


INDOVIZKA.COM- Tak terasa kita telah memasuki bulan Ramadan di tahun ini. Bulan Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu oleh kaum muslim di seluruh dunia. Hal ini lantaran bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Di bulan Ramadan, segala bentuk amal ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Selain puasa, salah satu bentuk amalan sunnah yang bisa dilakukan umat muslim di bulan Ramadan ialah sholat tarawih. Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dikerjakan setelah menjalankan sholat Isya selama bulan Ramadan.

Biasanya orang mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah di masjid. Namun di tahun ini pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk sholat Tarawih di rumah masing-masing.

Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko penularan virus Corona Covid-19 kian meluas. Oleh karena itu ada baiknya kalian melakukan sholat tarawih di rumah masing-masing.

Tata cara sholat tarawih di rumah dari berbagai sumber. Berikut penjelasan lengkapnya:

Tata cara sholat tarawih sendiri

Umumnya sholat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Idealnya sholat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti sholat sunnah lainnya. Kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Setelah itu disambung dengan sholat witir yang dikerjakan 3 rakaat diakhiri 1 kali salam. Untuk tata cara sholat tarawih sendiri di rumah sebenarnya sama dengan cara mengerjakan sholat fardhu, termasuk gerakan maupun bacaannya. Hal yang membedakan tata cara sholat tarawih dari sholat fardhu terletak pada bacaan niatnya saja.

Niat sholat tarawih
 
Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Sholat tarawih bisa dilakukan sendirian atau cara munfarid di rumah. Untuk kalian yang ingin mengerjakan sholat tarawih sendiri di rumah, baca niat berikut:

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROKATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TAALAA."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Taala."






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar