Viral, Gadis Cantik Bantu Ibunya Jadi Penyapu Jalan


INDOVIZKA.COM-- Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan Erna Widyastuti. Sosoknya ramai diperbincangkan publik setelah beredar foto-fotonya viral di media sosial.

Bagaimana tidak, ia merupakan gadis muda yang bekerja sebagai penyapu jalan di Magetan, Jawa Timur.

Pada Sabtu (13/6/2020), foto-foto Erna Widyastuti disebar oleh akun media sosial Humas dan Protokol Setdakab Magetan dan langsung menjadi viral. Gadis 25 tahun ini tidak malu menjadi penyapu jalan.

Perempuan yang berasal dari desa Tambakmas, Kecamatan Sukomoro ini melakukan pekerjaan tersebut lantaran membantu ibunya yang juga bekerja menyapu sampah-sampah di jalanan kota.

Ibu Erna, Sri Wahyuni bekerja pada Dinas Lingkungan Hidup. Ibunya sendiri bertugas menyapu sampah di sepanjang jalan P. Sudirman sampai jalan Pandu.

Dalam foto yang beredar, Erna terlihat memakai kaus dan masker warna hitam. Ia mengenakan celana jins biru yang robek di bagian lutut. Rambutnya yang berwarna pirang hanya diikat dengan penjepit.

Jam yang melingkar di lengan kirinya melengkapi penamplannya kala itu. Sambil menyapu daun-daun kering di pinggir trotoar, Erna juga tampak membawa tas kecil. Ia hanya memakai sandal jepit.

Di kutip Suara.com pada Senin (15/6/2020), Sang ibu mengaku tidak pernah memaksa putrinya untuk membantu pekerjaannya.

"Saya juga ndak pernah nyuruh nyapu, tapi anaknya sendiri yang pengen membantu saya menyapu jalan”, ucap Sri Wahyuni.

Sementara itu, Erna juga mengaku tidak ada paksaan atau kepentingan lain. Ia hanya ingin membantu ibunya menyapu jalan agar pekerjaan itu cepat selesai.

“Ya saya ingin membantu ibu saya, biar cepat selesai pekerjaannya,” kata Erna saat ditanya.

Erna dan ibunya bekerjaan setiap hari. Mereka bekerja dengan dua shift, shift pagi mulai dari jam 04.30-09.30 WIB, dan shift siang mulai jam 11.30-16.30 WIB.

Meski masih ditengah masa pandemi, Erna dan ibunya tetap mematuhi protokol kesehatan saat bekerja. Keduanya selalu memakai masker saat menyapu jalan.

Dalam unggahan foto tersebut akun Humas dan Protokol Setdakab Magetan tak lupa memberikan komentar “Usia muda adalah usia produktif, dimana diusia-usia ini banyak generasi muda yang senang berekspresi. Namun ajaran untuk berbakti kepada orang tua juga harus diutamakan, kita patut meneladani sikap tersebut, tidak malu dan tidak gengsi menjalani sebuah pekerjaan, selama pekerjaan itu baik dan positif.”

Banyak pula warganet yang memuji sikap yang ditunjukkan Erna Widyastuti. Mereka menganggap gadis muda penyapu jalan yang viral di Facebook dan Instagram ini merupakan anak yang baik dan patut menjadi contoh untuk anak muda lainnya.

“Ambil nilai positif nya , intinya dia masih muda tapi gak malu membantu ortunya yang kerjanya nyapu jalan . Berani mengakui dan tidak gengsi, good job mbak,“ tulis Fitri Wahyuni.

Ini emang patut dicontoh untuk kalangan anak muda jaman sekarang,” ungkap Katmi Pisang.

“Sudah cantik berbakti pula sama orang tua,” kata Dini Santoso.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar