Hari Ini, Terakhir Kirim Foto Meteran Listrik PLN Via WhatsApp

ilustrasi

JAKARTA - Hari ini Rabu, (27/05/2020) menjadi hari terakhir untuk lapor listrik mandiri lewat WhatsApp.

PT PLN (Persero) sudah menyiapkan layanan Lapor stand meter mandiri (Baca Meter Mandiri) melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Saril mengatakan pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya. Artinya hari ini adalah hari terakhir untuk lapor mandiri. Ia mengatakan pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.

"Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan," ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Apabila pelanggan tidak mengirimkan laporan mandiri lewat WhatsApp, sementara lokasi rumah pelanggan tidak bisa didatangi oleh petugas, maka PLN akan menggunakan rata-rata 3 bulan sebagai dasar perhitungan rekening listrik sebagai pilihan terakhir.

Implikasinya akan ada penyesuaian tagihan rekening listrik ketika nanti petugas PLN melakukan pencatatan meter ke rumah pelanggan. Seperti diketahui penghitungan listrik menggunakan rata-rata tiga bulan sempat menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Sisa tagihan yang belum dibayar akan di carry over ke bulan berikutnya ketika menggunakan rata-rata 3 bulan terakhir. Sehingga total tagihan bisa naik, dan dampaknya masyarakat yang belum paham akan mengira jika tarif listrik naik.

PT PLN (Persero) sudah mulai melakukan pencatatan meter secara langsung ke rumah pelanggan pascabayar untuk tagihan rekening bulan Juni 2020. Petugas akan bekerja dengan tetap memperhatikan Pedoman Pencegahan Pengendalian Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

Nantinya petugas akan menggunakan standar Alat Pelindung Diri (APD). Menurutnya hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan. "Akhir bulan Mei ini petugas kami akan kembali mencatat ke rumah pelanggan untuk rekening bulan Juni," ungkapnya.**

Sumber: CNBC






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar