KMP Roro Batam–Sei Pakning Mulai Beroperasi Akhir Juni

Jadwal keberangkatan KMP Roro Batam - Sei Pakning.

BENGKALIS – Kapal Motor Penyeberangan (KMP) roro Telaga Punggur (Batam) – Sei Selari (Sei Pakning) dijadwalkan akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Rute baru ini merupakan peralihan  dari rute penyeberangan Batam – Tanjung Buton yang terhenti akibat robohnya pelabuhan roro Tanjung Buton, pertengahan September 2019 lalu.

Manajer perusahaan pelayaran PT Jembatan Nusantara Cabang Bengkalis, Ersandi saat dihubungi, Rabu (17/6/2020) membenarkan tentang adanya rencana tersebut. “Jadi penyeberangan ke Buton dialihkan ke Sei Selari, dengan jadwal keberangkatan satu minggu sekali,” ujarnya.

Dikatakan, kalau tidak ada perubahan jadwal keberangkatan dari Batam setiap hari Kamis pukul 15.00 WIB. Kemudian untuk keberangkatan dari Sei Selari akan dilaksanakan pada hari Jumat pukul 16.00 WIB. “Soal kapan akan beroperasi, kalau tidak ada perubahan, pada akhir Juni sekitar tanggal 25 Juni,” katanya.

Terkait jarak tempuh dan  kapasitas kapal roro yang akan beroperasi, Ersandi mengatakan akan memakan waktu sekitar 18 jam. Sedangkan kapasitas kapal  roro sekitar 40 kendaraan roda empat dan 30-an kendaraan roda dua. “Karena jarak tempuh yang cukup lama, nanti di kapal kita siapkan kantin. Jadi bagi yang merasa lapar bisa membeli makanan di sana, termasuk nasi,” katanya lagi.

Rencana pengoperasian kapal roro dengan rute baru ini sambung Ersandi ini tidak terlepas dari keinginan Gubri serta persetujuan Kementerian Perhubungan RI. “Prosesnya ya cukup lama, sejak pelabuhan Buton roboh,” katanya seraya menambahkan karena ini sifatnya peralihan trayek, maka ketika pelabuhan Buton sudah selesai dibangun, trayek Batam – Sei Pakning akan  dihentikan.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar