Daerah di Riau Diminta Kirim 100 Test Swab Perhari ke Labor RSUD Arifin Achmad

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi meminta kabupaten/kota meningkatkan jumlah pengiriman sampel tes swab ke Laboratorium Biomolekuer RSUD Arifin Achmad untuk pemeriksaan PCR.

Hal itu disampaikan Indra Yovi menyusul adanya peningkatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan menambah alat baru berupa mesin ekstraksi otomatis di Laboratorium Biomolekuer RSUD Arifin Achmad.

"Dengan adanya mesin akstrasi, maka kapasitas pemeriksaan sampel di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Riau mampu mencapai 1.000 sampel per hari," kata Indra Yovi, Senin (13/7/2020).

Karena itu, Indra Yovi meminta Dinas Kesehatan, pemeritah kabupaten/kota bagaimana supaya bisa melaksanakan swab massal, sehingga pemeriksaan bisa memenuhi syarat terhadap 1.000 pemeriksaan per satu juta orang per minggu, seperti yang dipersyaratkan WHO, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri agar suatu wilayah dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa dengan tetap melakukan protokol kesehatan.

Lebih lanjut Yovi mengatakan, dengan peningkatan kapasitas laboratorium tersebut, maka kabupaten/kota saat ini bisa mengirim rata-rata hingga 100 sampel per hari.

"Kalau memang 1000 per hari, kita rata-rata saja, 1 kabupaten/kota boleh 80-100 swab per hari, maka Riau bisa menyumbang 1.000 sampai 1.200 sampel perhari. Makanya kita meminta kabupaten/kota bisa mengirim 100 sampel setiap hari," tukasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar