RSUD Puri Husada Tembilahan Pasang Alat PCR Swab Covid-19

Ilustrasi

INDOVIZKA.COM – Dalam waktu dekat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan sudah bisa mengetahui hasil Swab Covid-19 yang dilakukan dengan cepat. Pasalnya, saat ini proses pemasangan PCR Swab sedang dilakukan di Laboratorium RSUD Puri Husada Tembilahan.

Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr. Saut Pakpahan yang juga selaku Juru bicara Bidang Kesehatan Satgas Percepatan penanganan Covid-19 Inhil kepada Para awak media dalam Press Rilis Update Situasi Perkembangan penanganan pasien covid-19 di Inhil yang dilaksanakan melalui Video Conference, Kamis (24/09/2020) sore.

"Saat ini, Alat PCR Swab sedang dalam proses pemasanagan di Laboratorium RSUD Puri Husada Tembilahan, Insya Allah Minggu kedua bulan Oktober sudah bisa digunakan," sebutnya.

Lanjutnya, dr. Saut Pakpahan menjelaskan bahwa apabila Alat PCR Swab sudah beroperasi maka Swab yang dilakukan akan diketahui dengan cepat hasilnya.

"Selama ini, kita lambat untuk mengetahui hasil Swab karena Tes Swabnya harus dikirim ke Pekan baru, sampainya di Pekanbaru harus antri dengan Tes Swab dari 12 Kabupaten/kota yang ada di Riau. Hal itulah yang membuat selama ini hasil Swabnya lambat diketahui," jelasnya.

Sementra, Ketua Tim Medis Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Inhil, dr. Aleksis menyebut bahwa saat ini kindisi kasus Covid-19 di Inhil mengalami peningkatan sejak 3 minggu terakhir.

"Dimana kondisi ini tetap di pengaruhi dengan ketaatan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ada, kita khwatir ada salah tafsir dan tidak memahami tentang new normal. Dan kondisi tenang kemaren membuat meningkatnya keluar masuk orang tanpa mematuhi protokol kesehatan," Sebutnya.

Tambahnya, dr. Aleksis menjelaskan bahwa peningkatan kasus sesuai dengan prediksi dan kajian epidemiologi dari pusat dan gugus tugas terkait. Namun, kita tetap melakukan optimalisasi dalam pencegahan dan rehabilatasi.

"Perawatan atau tata laksana sudah sesuai dengan prosedur yang ada yaitu Daisadur dari Rev 5 dan kebijakan lokal baik provinsi maupun daerah," jelasnya.

Sebagai Informasi, pemasangan Alat PCR Swab di RSUD Puri Husada Tembilahan dilakukan oleh Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI) yang merupakan organisasi profesi kesehatan, sebagai wadah berkumpulnya para profesi Elektromedis Indonesia yang mengabdikan diri di bidang kesehatan.

Sementara, untuk jumlah Kasus Covid-19 di Inhil berjumlah 136 kasus, dengan rincian sebagai berikut : Dalam perawatan , Sembuh , Meninggal 7 orang. (Jb)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]



Tulis Komentar