Cerita Warga Tangkap Buaya 3 Meter yang Diduga Terseret Banjir di Riau

Proses evakuasi buaya oleh Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang berkeliaran di kawasan permukiman warga Desa Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

INDOVIZKA.COM - Warga Desa Pencing Bekulo, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, berhasil menangkap seekor buaya sepanjang lebih kurang 3 meter.  

Buaya jantan jenis sinyulong itu diduga terseret banjir di Sungai Mandau hingga masuk ke permukiman warga.

"Diperkirakan buaya masuk ke kanal pada saat banjir," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau Dian Indriati.

Dian menjelaskan, buaya dengan nama latin Tomistoma schlegelii itu berhasil ditangkap warga di sebuah kanal tak jauh dari permukiman.

Setelah petugas datang, buaya tersebut segera dievakuasi dan akan dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari permukiman demi menghindari konflik dengan manusia.

"Evakuasi buaya sinyulong dilakukan oleh petugas Resort Dumai dan Duri, Balai Besar KSDA Riau pada Senin 28 Desember 2020 lalu," ujar Dian dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (1/1/2021).

"Kita berterima kasih kepada Sekdes Desa Pencing Bekulo, Bapak Sukardi dan masyarakat, karena tidak anarkis terhadap satwa dilindungi," tambahnya. 

Berdasar pengecekan di lokasi, kanal tersebut diduga mengarah ke aliran Sungai Mandau. Letaknya lebih kurang empat kilometer jauhnya.

"Selain itu, sungai tersebut merupakan habitat buaya, " kata Dian.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar