Vaksinasi untuk Masyarakat Pekanbaru Diperkirakan Maret

Ilustrasi Vaksin.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Pekanbaru sampai kini masih berlangsung. Untuk masyarakat, diperkirakan akan dimulai pada Maret mendatang.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, hingga saat ini penyuntikan vaksin tahap pertama sudah dilakukan kepada 4.365 tenaga kesehatan.

"Setelah Nakes, nanti baru disusul untuk masyarakat," kata Zaini, Minggu (31/1/2021).

Menurutnya, untuk penyuntikan vaksin kepada masyarakat bakal dimulai Bulan Maret atau paling lambat Bulan April 2021. Nantinya, warga Kota Pekanbaru yang mendapat vaksin covid-19 ini adalah mereka yang berusia 18 hingga 59 tahun.

Proses vaksinasi ini diperkirakan bakal berlangsung hingga kurun waktu satu tahun, mengingat banyak jumlah penerima vaksin. Setiap penerima vaksin bakal mendapat dua dosis vaksin. Penyuntikan satu dosis vaksin pertama berjarak 14 hari hingga penyuntikan dosis kedua.

"Jadi, untuk 22.400 dosis vaksin ini untuk tenaga kesehatan dulu. Untuk masyarakat kita belum tahu berapa dosis yang diberikan pusat," jelasnya.

Total dosis yang telah diterima pemerintah kota saat ini mencapai 22.400 dosis, dengan dua kali tahap distribusi. Tahap pertama diberikan sebanyak 11.040 ditambah tahap dua 11.360 dosis.

Hingga saat ini belum ada dampak bagi tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin. Kondisi penerima vaksin masih normal seperti biasanya dan tidak ada keluhan.

"Kita siapkan dua rumah sakit rujukan jika ada keluhan atau dampak kelanjutan dari si penerima vaksin. RSD Madani Pekanbaru, dan RSUD Arifin Achmad," jelasnya.






Tulis Komentar