Wujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Kodim 0313/KPR Gelar TMMD Ke-110 di Rohul


ROHUL (INDOVIZKA) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 atau dulunya lebih dikenal dengan sebutan ABRI masuk Desa, resmi dibuka di Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (02/03/2021).

TMMD ke-110 tahun 2021 mengangkat tema ‘TMMD Pengabdian Untuk Negeri' dibuka langsung Sekda Rohul H. Abdul Haris SSos MSi di Pendopo Kediaman Dinas Bupati Rohul dengan penerapan protokol kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0313/KPR Letkol Inf Leo Octavianus M Sinaga SSos MI, Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Danlanal Dumai yang diwakili Danden Pomal Mayor Laut PM Sugiarto serta para kepala Dinas, Camat dan Kepala Desa yang menjadi lokasi Sasaran TMMD.

Dandim 0313/KPR Letkol InfLeo Octavianus M Sinaga SSos MI dalam sambutannya mengatakan, Kegiatan TMMD merupakan Kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dilakukan oleh TNI.

Secara Nasional, TMMD Ke-110 ini digelar di 50 Kodim diseluruh Indonesia. Sementara Khusus Untuk Provinsi Riau, pelaksanaan TMMD dipusatkan di kabupaten Rokan Hulu. 

"Pemilihan Rohul sebagai lokasi Pelaksanaan TMMD ke- 110 ini merupakan bentuk kerjasama dan sinergitas antaraTNI, Kodim 0313 KPR, Pemerintah Daerah dan juga masyarakat," ujarnya.

Dandim menyatakan, dalam kegiatan TMMD TNI berkolaborasi dengan melibatkan Personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Kepolisian dan Juga Pemerintah Daerah dengan jumlah personel mencapai 150 Personel. 

Kegiatan TMMD Ini, lanjut Dandim, akan dilakukan selama sebulan di 4 Kecamatan, yaitu Kecamatan Ujung Batu, Kabun, Tandun dan Rokan IV Koto dengan Pelaksanaan Kegiatan Fisik dan non fisik yang sifatnya dibutuhkan masyarakat serta memberikan akselerasi pertumbuhan Ekonomi masyarakat setempat.

"Untuk kegiatan fisik akan ada pembuatan jalan, peningkatan badan jalan pembuatan box culvert, drainase dan semenisasi. Sementara kegiatan non fisik akan ada penyuluhan-penyuluhan terkait Narkoba, wawasan Kebangsaan, Kesehatan, pertanian. Kita juga akan sosialisasikan terkait pencegahan Pandemi Covid-19 dan mengajak masyarakat agar berprilaku hidup sehat dan disiplin menerapkan Protokol Kesehatan," ujar Dandim.

"Intinya TMMD Ini tidak hanya melakukan kegiatan pembangunan yang sifatnya fisik oleh TNI. Tapi bagaimana membangun  Sinergitas dan kerjasama antara TNI dan rakyat sehingga terwujud kemanunggalan dalam rangka memperkuat pertahanan Negara," tambahnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris berterimakasih atas dipilihnya Rohul sebagai lokasi TMMD ke-110. Sekda menyatakan pemerintah daerah siap mensupport Anggara kegiatan TMMD ini melalui Dana Swakelola. 

"Kami berharap melalui kegiatan pembangunan yang dilakukan dengan pola kolaborasi antara TNI, Pemkab Rohul dan masyarakat. Hasilnya akan lebih maksimal dan tentunya membantu masyarakat khususnya dalam penyediaan Infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat," ujarnya. 






Tulis Komentar