Cuaca Buruk, Titik Api di Bengkalis dan Pelalawan Sulit Dipadamkan

Kebakaran lahan di Riau sulit dipadamkan karena cuaca buruk.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Satgas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau mengalami kesulitan untuk memadamkan api di Kecamatan Kelemantan, Bengkalis dan Kecamatan Kuala Kampar, Pelalawan.

Kesulitan memadamkan api tersebut dikarenakan kondisi cuaca yang buruk. Angin yang kencang mengakibatkan api semakin membesar dan sulit dikendalikan.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Jim Gafur mengatakan, hingga saat ini petugas masih berjibaku memadamkan titik api di 2 lokasi tersebut.

"2 titik api di Kelemantan, Bengkalis dan Kuala Kampar, Pelalawan sangat sulit sekali dipadamkan. Lahan yang terbakar juga cukup luas di area tersebut," ucap Jim, Rabu (17/3/2021).

Katanya, untuk di Kelemantan sendiri, kebakaran sudah mulai bisa dikendalikan dengan menggunakan helikopter water bombing dan pemadaman di darat.

Sementara itu untuk titik api di Pulau Mendol Pelalawan, Satgas Darat juga cukup kesulitan dikarenakan memadamkan api karena sumber air yang sangat jauh dari lokasi kebakaran.

"Titik api di Pulau Mendol Pelalawan juga sulit dikendalikan, karena lokasinya berada di tengah pulau dan tidak ada kanal-kanal yang bisa dijadikan sumber air. Sedangkan helikopter waterbombing kita juga terbatas, hanya satu yang bisa dioperasikan," pungkasnya.






Tulis Komentar