Dua Ruas Tol Baru Trans-Sumatera Ini Siap Dilintasi Saat Natal dan Tahun Baru


JAKARTA, INDOVIZKA.COM - Dua ruas baru di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS), siap dilintasi pada saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan, keduanya adalah Tol Pekanbaru-Bangkinang dan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Seksi 3 Bengkulu-Taba Penanjung.

"Ada tambahan ruas-ruas tol yang bisa dimanfaatkan. (tol) Pekanbaru-Bangkinang ya, Bengkulu-Curup, semua sudah bisa kita manfaatkan," kata Basuki usai kegiatan Festival Dayung Ciliwung, Minggu (4/12/2022).

Tak hanya kedua ruas JTTS tersebut, satu jalan tol di Pulau Jawa juga siap dilintasi pada momentum tersebut yakni Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 2 Pamulihan-Sumedang dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka.

"Untuk Nataru, ini sudah bisa dimanfaatkan. Misalnya, Cisumdawu dari Bandung ke Cimalaka, seksi 1,2, dan 3," ujarnya.

Tol Cisumdawu Dioperasikan Bertahap
Sebelumnya, Kementerian PUPR telah mengoperasikan Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan pada awal tahun 2022.

Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menuturkan, uji laik fungsi (ULF) Tol Cisumdawu dilaksanakan awal November 2022.

Namun, sebelum dilaksanakan ULF, Kementerian PUPR menggelar rapat persiapan ULF bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Polri pada 28 Oktober 2022.

"Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan pada 1 November 2022 serta rapat pleno pembahasan hasil ULF pada 2 November 2022 untuk mengevaluasi keamanan dan kelengkapan jalannya," ujar Endra.

Adapun pembangunan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 Seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp 14,4 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar