36 Hotspot Terpantau di Riau Hari Ini, Terbanyak di Dumai dan Bengkalis

ilustrasi

PEKANBARU - Awal bulan Maret 2020, jumlah titik panas atau hotspot di Provinsi terpantau kian bertambah.  Berdasarkan data dan analisa yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru,  sedikitnya ada 36 terpantau di Provinsi Riau,  terbanyak ada di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. 

"Untuk hotspot atau titik panas dengan level confidence di atas 50 persen terpantau ada 51 titik di Sumatera di antaranya aceh 4, Sumbar 2, Sumut 9 dan Riau  36 titik," ungkap Mia Vadilla,  staf data dan analisa BMKG Pekanbaru, (1/3/2020).

36 titik hotspot tersebut tersebar di beberapa daerah di Riau Kabupaten Bengkalis 11 titik dan Kota Dumai 7 titik,  sisanya ada di Rokan Hilir 6 titik,  Kepulauan Meranti 2, Pelalawan 2, Siak 7 dan Indra Giri Hilir 1 titik. 

"Dari 36 titik panas ini 15 di antaranya berada di level confidence di atas 70 persen yang artinya diduga kuat terjadinya aktivitas kebakaran hutan dan lahan, seperti terpantau di Dumai 6 titik, Bengkalis 4, Rohil 3 titik dan Meranti 2 titik, " tambah Mia. 

Melihat jumlah titik panas kian bertambah setiap harinya,  pihak BMKG terus mengimbau masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya untuk menghindari aktivitas yang bisa memicu karhutla, terlebih lagi saat ini Riau minim hujan.

"Untuk malam nanti potensi hujan sangat minim,  hanya terjadi di sebagian kecil daerah di Riau dengan intensitas ringan bersifat tidak merata terjadi di sebagian Kota Pekanbaru. Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar . Untuk dini hari nanti potensi hujan intensitas ringan bersifat tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu," pungkas Mia. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar