Disperindag UMKM Riau Akan Gelar Operasi Pasar saat Ramadhan

Kadis Disprindag UMKM Riau, Taufik OH . (Cakaplah)

INDOVIZKA.COM - Kepala Dinas Perdagangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindag UMKM) Provinsi Riau, Taufik OH mengatakan, pihaknya bakal menggelar operasi pasar terutama pada bulan Ramadan mendatang.

Untuk diketahui, Ramadan akan masuk pada 23 Maret 2023 mendatang.

"Operasi pasar bersifat situasional. Jika dirasakan ada gejolak harga dan mulai berkurangnya pasokan bahan pokok, operasi pasar langsung dilakukan termasuk minyak goreng. Lokasi dipilih pun nanti di tempat keramaian seperti pasar. Sehingga, tujuan untuk penstabilan harga bahan pokok pun benar-benar tepat sasaran. Jadi situasional. Prinsipnya, kita siapkan dulu," kata Taufik, Kamis (16/3/2023).

Selain operasi pasar, pihaknya juga dalam bulan Ramadan akan rutin melakukan pengawasan ketersediaan bahan pangan pokok. 

"Dua hal itu penting dilakukan untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran. kita terus melakukan pemantauan bersama pihak terkait. Baik sebelum, selama puasa termasuk jelang lebaran Idulfitri," kata Taufik lagi.

Terkait pengawasan, bersama tim Satgas Pangan, terus melakukan pengawasan di pasar-pasar tradisional khususnya di Pekanbaru. Taufik juga sudah meminta dinas terkait kabupaten kota melaporkan permasalahan di daerah masing-masing. 

"Kemudian kita ingatkan kepada para distributor dan pelaku usaha lainnya, agar tak melakukan penimbunan bahan pokok. Jika memang ada pelaku usaha nakal, maka akan ada konsekuensi yang diterima. Bisa saja soal hukum, atau juga pencabutan izin usaha. Kita sudah ingatkan," tegas Taufik.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar