Stok Hewan Kurban di Meranti 1.039 Ekor

Ilustrasi. (Net)

INDOVIZKA.COM - Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kepulauan Meranti, stok hewan kurban 2023 di Kota Sagu sebanyak 1.039 ekor. Jumlah ini, diyakini mampu memenuhi kebutuhan hewan kurban saat Iduladha.

Demikian diungkapkan Kabid Peternakan, Herman SP, Rabu (7/6/2023).

Kata Herman, mengacu pada data Iduladha tahun 2022, hewan kurban di seluruh Meranti berjumlah 928 ekor (sapi dan kambing). Sementara, saat ini di Kepulauan Meranti, tersedia hewan kurban sapi dan kambing sebanyak 1.039 ekor. Dengan demikian, kata Herman, mereka bisa memastikan stok hewan kurban Iduladha tahun 2023 ini aman.

"Tahun lalu, se-Meranti, hewan kurbannya 928 ekor. Tahun ini ketersediaan sebanyak 1.039 ekor, sapi dan kambing. Ketersediaan aman," kata Herman.

Selain aman stok, Herman juga mengatakan sampai saat ini hewan kurban di Kepulauan Meranti juga aman dari beberapa penyakit. Meski demikian, kata Herman, tim pemeriksa yang sudah mereka bentuk tetap akan melakukan pemeriksaan beberapa pekan sebelum hewan kurban disembelih.

Pemeriksaan ini terkait pantauan kewaspadaan penyakit hewan menular strategis (PHMS). Diantaranya, penyakit mulut dan kuku (PMK), lumpy skin disease (LSD), jembrana attraks dan penyakit hewan lainnya.

"Tiga pekan sebelum Iduladha kita turun lakukan pengecekan secara fisik. Baik kulit, gigi, mata, hidung, mulut, kuku dan lain-lain," ujar Herman.

Nantinya, tambah Herman, bagi hewan yang layak dikurban akan diberikan label dan surat keterangan hasil pemeriksaan oleh tim pemeriksa kesehatan hewan kurban.

Tak hanya itu, kata Herman juga, pada saat pemotongan, tim juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan post mortem. Dengan objek periksa menyangkut paru, jantung, hati, limpa dan ginjal.

"Rutin tiap tahun kita lakukan pemeriksaan saat pemotongan, jantung, hati, paru, limpa. Layak tidak untuk dikonsumsi," beber Herman.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar