BMKG : Riau Nihil Titik Hotspot

Ilustrasi Karhutla masih mengintai Provinsi Riau selama musim kemarau (foto/int)

INDOVIZKA.COM -  Titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera turun drastis. Bahkan hotspot di Provinsi Riau nihil hotspot, Jumat (9/6/2023) pagi.

"Total hotspot Sumatera lima titik, tersebar di Sumatera Barat dua titik, Aceh satu titik, Sumatera Utara satu titik, dan Kepulauan Riau satu titik. Sementara hotspot Riau nihil," ujar petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Anggun, Jumat (9/6/2023).

Seperti diketahui, minimnya jumlah hotspot tak terlepas dari aksi Pemprov Riau bersama pemerintah daerah kabupaten/kota mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di musim kemarau. Namun sempat terjadi Karhutla hebat di Kabupaten Rohil, Pelalawan, Bengkalis, dan Kota Dumai.

Pemprov Riau juga memiliki enam helikopter bantuan patroli dan water bombing. Lalu Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisipasi bencana karhutla di Provinsi Riau dengan menyemai garam, juga sudah dilakukan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memimpin rapat koordinasi di Kota Pekanbaru, Riau. Turut dihadiri Gubri Syamsuar dan anggota Komisi VIII DPR RI, Achmad.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar