Agar Program Pelayanan Rumah Layak Huni Tepat Sasaran, Komisi II Studi Banding ke Disperkim Bukittinggi


BUKITTINGGI, INDOVIZKA.COM - Komisi II DPRD Kabupaten Bengkalis beserta rombongan melakukan kunjungan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bukit Tinggi dalam rangka studi banding terkait strategi percepatan program bedah rumah, Kamis (29/02/2024).

Kunjungan Komisi II DPRD Kab. Bengkalis disambut oleh Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bukit Tinggi Roza Wahyuni di ruang rapat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bukittinggi. 

Membuka pertemuan ini. Ketua Komisi II DPRD Kab Bengkalis H.Adri menyampaikan tujuan kunjungan kerja Komisi II DPRD Kab Bengkalis ke Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bukittinggi adalah untuk bertukar pikiran dan juga mendapatkan informasi terkait percepatan pembangunan dan pelayanan bedah rumah layak huni bagi masyarakat yang membutuhkan. Seperti yang diketahui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bukit Tinggi merupakan salah satu dinas yang berhasil melakukan program tersebut. 

“Kedatangan kami kali ini mencoba menggali informasi sebanyak mungkin bagaimana pengelolaan program percepatan pembangunan dan pelayanan rumah layak huni bagi pihak-pihak yang membutuhkan, agar kedepannya program ini bisa tepat sasaran,” ujar H.Adri.

Pertemuan yang dilakukan pukul 10.00 WIB ini berjalan menjadi diskusi yang menarik, beberapa anggota Komisi II DPRD Kab Bengkalis yang hadir ikut menanyakan berapa pertanyaan berkaitan bagaimana Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bukittinggi  menjalankan strategi program bedah rumah layak huni untuk masyarakat dan apa saja yang menjadi kendala dalam melakukan program tersebut baik dari sisi hal teknis maupun non teknis. Sekretaris DisPerkim Kota Bukittinggi dan staf kemudian menjelaskan secara detail bagaimana penerapan program ini dilakukan agar tepat sasaran dan bagaimana kemudian mengatasi setiap kendala yang terjadi di lapangan sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam menjalankan program tersebut.

“Hasil pertemuan ini, harapan kami kedepan dengan kondisi daerah yang kita punya, kita bisa membangun sinergi dan inovasi serta memperkuat program ini dengan data yang baik sehingga kedepan program pelayanan bedah rumah ini bisa menjangkau masyarakat yang betul-betul membutuhkan, kemudian tepat guna dan tepat sasaran dan juga berkualitas agar menunjang kesejahteraan masyarakat kabupaten Bengkalis tentunya,” ujar H. Adri di akhir pertemuan.

“Kami dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kota Bukittinggi mengucapkan terima kasih atas kunjungan komisi II DPRD Kab Bengkalis, ini menjadi ajang silaturrahmi antar pemerintah kabupaten dan kota yang mana tujuan kita sama bagaimana bisa melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing. Dari pertemuan ini kita bisa saling belajar, saling memberi masukan agar kemudian setiap masukan yang baik bisa diterapkan di daerah masing-masing sesuai dengan program dan kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Adapun ketertarikan Komisi II DPRD Kab. Bengkalis terkait program pendataan yang kami punya tentu saja ini bisa dijajaki dengan perjanjian kerjasama untuk kedua daerah ini agar kedepan bisa terlaksana. Kemudian harapan kami untuk Dinas Perkim Kab. Bengkalis untuk menjalankan program ini agar terus melakukan inovasi sebagaimana kami mengadakan inovasi yaitu  TFL (Teknik Fasilitator Lapangan) sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan seperti ahli teknik bangunan, sipil dan lainnya yang mana program ini Sudan 4 tahun kami lakukan dan berjalan dengan cukup baik efektif dan efesien,” ucap Roza Wahyuni.

“Terakhir untuk Dinas Perkim Kab. Bengkalis, kami dari komisi II  mendorong agar mempunyai database program bedah rumah ini dengan tujuan membantu percepatan pembangunan dan pelayanan bedah rumah yang  dicanangkan oleh pemerintah daerah bagi masyarakat, sehingga program ini betul-betul efektif dan efesien, dan sampai ke tangan masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tutup H.Adri.

Turut hadir didalam pertemuan tersebut Kabag Umum sekretariat DPRD Kab Bengkalis Syafrizal beserta staf dan Kabid Dinas PerKimTan Kab Bengkalis Mohd Elkhusairy(DeMo).






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar