Pj Bupati Inhil Hadiri Penyerahan LHP LKPP Tahun Anggaran 2023 di Jakarta


INHIL, INDOVIZKA.COM- Sekretariat Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan( BPK ) RI menyelenggarakan kegiatan penyerahan LHP LKPP Tahun Anggaran 2023 dan Ikhtisar Laporan Hasil Pemeriksaan ( ILHP ) Smester II Tahun Anggaran 2023, Senin ( 8/07/2024 ).

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan seminar nasional dengan menghadirkan pimpinan lembaga negara, Kementerian, Lembaga pemerintah non kementerian, Kepala Daerah, Sekretariat Jenderal Kementerian/ lembaga, BUMN, dan Sekretariat Daerah.

Dimana kegiatan acara diselenggarakan di Jakarta Convention Center jakarta pusat dengan dihadiri langsung Presiden RI Ir.H.Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH.Ma‘ruf Amin, Untuk itu Pj.Bupati Inhil Herman hadir memenuhi undangan tersebut serta turut hadir juga Kepala BKAD Kab.Inhil Nurrahman dan Inspektur Pembantu 1 Inspektorat Kab.Inhil Dumono.

BPK RI menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) tahun 2023. Hasilnya, LHP LKPP mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI.

Ketua BPK Isma Yatun mengapresiasi kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinan Jokowi. Untuk memastikan keuangan negara digunakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan menghindari kerugian negara.

Hasil pemeriksaan tersebut pun kemudian disampaikan ke instansi berwenang. Salah satu dampak positif dari upaya ini adalah penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 55,97 triliun rupiah 2015-2023 yang menunjukkan komitmen kuat.

"Hasil atas LKPP 2023 menunjukkan opini WTP yang merupakan opini WTP kedelapan sejak LKPP 2016,” kata Isma dalam acara penyerahan LHP LKPP Tahun 2023 di Jakarta.

Saat dikonfirmasi Herman mengatakan, apa yang disampaikan Ketua BPK RI tersebut akan menjadi pedoman Pemda untuk lebih optimal dalam tertib administrasi serta berkomitmen. "Sebagai mana kita ketahui Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir juga telah mendapat 8 kali WTP terhitung mulai tahun 2016 oleh sebab itu mari bersama sama kita pertahankan prestasi ini untuk tahun tahun kedepannya," ucapnya.(Adv)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar