6 Orang Wartawan Inhil Lulus UKW Muda, Madya dan Utama

Foto bersama usai mengikuti UKW fasilitas Dewan Pers di Hotel Green Central Kota Pekanbaru, Sabtu (13/7/2024). Dok. Bukamat/DaudMNur

PEKANBARU, INDOVIZKA.COM- Dua hari yang menguras tenaga dan pikiran, 6 orang Wartawan asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) fasilitas Dewan Pers. 

Gundah dan cemas terpancar di wajah 6 orang wartawan itu saat berhadapan dengan penguji untuk meraih predikat kompeten. Namun tetap tenang dan fokus menjawab mata uji yang sudah disajikan.

Dinginnya AC hotel Green Central Kota Pekanbaru sangat menyengat tubuh, tapi kepala terasa panas setiap tahap demi tahap menyelesaikan mata uji sejak pelaksanaan UKW pada Jum'at 12-13 Juli 2024.

"Tetap fokus dan tenang. Silahkan selesaikan soal yang sudah disediakan lembaga Uji PWI Riau," kata Eka Putra salah satu penguji UKW tingkat Madya, Sabtu (13/7/2024).

Tahap demi tahap menyelesaikan mata uji sudah dilalui, mulai dari pengetahuan dasar Jurnalistik, simulasi rapat redaksi bersama Wartawan Muda, rapat evaluasi bersama Wartawan Utama hingga uji menulis berita investigasi dan feature bagi Wartawan Madya.

Tidak kalah menegangkan, setelah mata uji sudah selesai, seluruh peserta tampak terlihat cemas ketika lembaga Uji PWI Riau, Dr Moestopo, dan Persatuan Jurnalis Foto mengumumkan peserta yang lalus dan dinyatakan kompeten.

"Jumlah yang ikut UKW melalui lembaga Uji PWI ada 30 orang. Namun yang siap bertempur ada 26 orang, 4 orang sudah gugur sebelum bertempur. Yang ikut bertempur ini alhamdulilah harapan kita 100% lulus, namun 22 orang saja yang kompeten," kata Zulmansyah Sekedang, Sabtu (13/7/2024).

Sorak riuh dan tepuk tangan menggema ruang hotel, terpancar wajah gembira para pemburu berita tersebut setelah dinyatakan kompeten dan bakal tercatat namanya di lembaga Dewan Pers yang menaungi seluruh Wartawan Indonesia.

Zulmansyah Sekedang mengucapkan selamat kepada Wartawan yang lulus UKW, dan memberikan motivasi kepada peserta yang dinyatakan tidak lulus, agar bisa mengikuti UKW kembali di bulan ke tujuh dari semua lembaga Uji.

"Yang tidak kompeten ikut lagi. Jangan putus asa, jangan gara-gara tidak lulus tidak mau lagi ikut UKW. Tetap semangat dan optimis," pesannya.

6 Wartawan asal Inhil itu, 2 orang berhasil menyandang geler Wartawan Utama (Ragil, Jumardi Ali), 2 Wartawan Madya (Prasuyetno, Muhammad Daud) dan 2 Wartawan tingkat Muda (Arbain, Ema).

Menanggapi kelulusan 4 orang Wartawan yang merupakan anggota PWI Inhil dan 1 orang anggota PJID, Ketua PWI Inhil, Ardiansyah Julor mengucapkan selamat atas keberhasilan dalam menyelesaikan seluruh mata uji dari Dewan Pers.

"Selamat. Setelah dinyatakan kompeten semoga tambah profesional dalam menjalankan kerja Jurnalistik, baik yang Muda, Madya dan Utama," ucap Julor.

Atas keberhasilannya mengikuti UKW, 6 orang wartawan asal Inhil ini berencana akan menggelar syukuran kecil-kecilan setelah kembali ke negeri yang berjulukan 'Hamparan Kelapa Dunia' bentuk ucapan syukur kepada Allah SWT.

"Kelulusan ini berkah, setalah pulang nanti kita akan membuat sukuran kecil-kecilan," kata Ragil penyandang Wartawan Utama dan disambut dengan kata setuju dari 4 rekan lainnya.

Sebagai Informasi, dengan suksesnya Jumardi Ali dan Ragil Hadi Wibowo mendapat gelar Wartawan Utama, menambah jumlah pemegang Kartu Wartawan Utama di Kabupaten Inhil yang sebelumnya diketahui hanya 2 orang (Aqil Efendi dan Indra Efendi).

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar