5 Manfaat Zikir di Bulan Ramadhan

ilustrasi

INDOVIZKA.COM- Moms, yuk, ajak seluruh anggota keluarga mengingat Allah dengan cara memperbanyak zikir di bulan Ramadhan. Di antaranya dengan mengingat dan menyubut-Nya. 

Bacaan zikir yang paling utama dan menjadi wajib bagi semua muslim adalah kalimat “Laa Ilaaha Illallaah”. Sementara doa yang paling utama untuk dilantunkan sebagai zikir adalah “Alhamdulillah”. 
Zikir juga diperintahkan dalam Alquran, tepatnya ada di surat Al Ahzab ayat 41: 
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya." 
HR.Ahmad dan Tirmidzi pun meriwayatkan, suatu ketika ada orang bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?”  
Beliau menjawab, “Engkau berpisah dari dunia dalam keadaan lisanmu basah dengan berzikir pada Allah.”  

Nah, salah satu kewajiban umat Islam yang tercantum dalam Alquran ini ternyata juga membawa banyak manfaat bila diamalkan oleh seluruh anggota keluarga. Terutama di bulan yang penuh rahmat, yaitu bulan Ramadhan. Apa saja, ya? Berikut kumparanMOM merangkumnya:  

1.Jadi Amalan Utama

Ramadhan adalah bulan yang paling mulia di mana setiap amal ibadah dan ibadah yang kita kerjakan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT pahalanya. Itulah kenapa, selain diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh, kita juga sangat dianjurkan memperbanyak amal ibadah di bulan suci ini. 

Mengingat zikir merupakan amalan paling utama bagi seorang muslim, maka bila kita memperbanyak zikir saat Ramadhan  artinya kita melakukan amalan paling utama di bulan paling mulia. Luar biasa, bukan?   

2.Sesuai Sunnah Rasul

Diriwayatkan dalam HR.Bukhari, At Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya aku ini beristghfar kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.”  
Artinya, memperbanyak zikir juga sesuai dengan Sunnah Rasulullah. Ya Moms, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan.  

3.Mendekatkan diri dengan Allah

Dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 152, Allah berfirman: 
Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." 
Jelas sudah, Moms, Allah SWT memerintahkan kaum Mukmin untuk berzikir  dan menjanjikan mengingat hambanya sebagai balasan dengan cara memberi pahala dan ampunan. Hal ini dijelaskan dalam tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah. 

Selain itu zikir dapat mendatangkan pertolongan Allah di saat kita mengalami kesulitan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, diriwayatkan HR.Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majah, Al Hakim, dan Al Baihaqi: “Barangsiapa yang rutin membaca istighfar, Allah akan memberi jalan keluar pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan Dia akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak terduga.”  

4.Janji Ampunan Allah

Ingin mendapatan ridha dan ampunan dari Allah SWT di bulan Ramadhan? Coba kerjakan amal sholeh sebanyak-banyaknya agar kita dimasukkan ke dalam kelompok mereka yang dicintai-Nya.  

Caranya antara lain dengan berzikir, sebab Allah telah menjanjikan pahala yang besar serta ampunan bagi mereka yang banyak berzikir.  
Dalam kitab suci Alquran surat Al Ahzab ayat 35 Allah berfirman, “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS.Al Ahzab: 35) 

5.Membantu Menahan Nafsu

Bila Anda merasa sulit mengendalikan nafsu selama bulan Ramadhan, berzikir juga dapat jadi solusinya karena zikir dapat membantu mengendalikan hawa nafsu. 
Mengapa begitu? Karena zikir akan membuat hati kita lebih tenang, Moms.  

Diriwayatkan dalam HR.Muslim, At Tirmidzi, Ahmad,Rasulullah bersabda, “Jika ada suatu kaum yang duduk untuk berdzikir kepada Allah ‘Azza wa jalla, niscaya para malaikat akan mengelilingi mereka, mereka pun diliputi rahmat, dan diturunkan ketenangan jiwa untuk mereka. Dan Allah pun menyebut mereka kepada orang-orang yang berada di sisi-Nya.”  

Nah, kalau hati sudah tenang dan nafsu tak lagi menggebu, puasa Ramadhan pun dapat dijalankan dengan lancar. 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar