Bawaslu Ungkap Lima Tantangan Dalam Pilkada Serentak 2020

Ilustrasi

PEKANBARU - Anggota Badan Pengawasan Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI), Fritz Edward Siregar menyampaikan ada lima tantangan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal tersebut disampaikannya dalam Video Conference bersama bersama Kepala Badan Kesatuan Politik dan Bangsa (Kaban Kesbangpol) Provinsi Riau, Kaharuddin yang didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik, Chairul Riski, yang berlangsung di Ruang Riau Commad Center (RCC), Jumat (19/6/2020).

"Tantangan yang perlu kita perhatikan bersama ada lima," katanya.

Pertama, memastikan semua peraturan telah diundangkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dimana melakukan pemilihan dalam kondisi bencana harus sudah diundangkan karena itu dasar untuk melakukan verifikasi.

Kedua, memastikan anggaran yang dibutuhkan telah dialokasikan. Selanjutnya yang ketiga, memastikan alat pelindung kesehatan telah terdistribusikan.

"Sebagai penyelenggara pemilihan umum (pemilu), saya yakin Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, kita punya tanggung jawab dimana kita memastikan agar petugas - petugas di daerah telah dapat aman dan nyaman," lanjutnya.

Keempat, memberikan pemahaman kepada penyelenggara dan peserta mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini. Terakhir, memastikan pemilih memiliki kepercayaan kepada penyelenggara pemilu dan prosesnya. (*)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar