Dinanti Warga 14 Tahun, Jembatan Sei Kepojan Bunut Akhirnya Terwujud


PELALAWAN (INDOVIZKA) - Penantian masyarakat Kelurahan Bunut, Kecamatan Bunut selama 14 tahun akan hadirnya jembatan yang lebih refresentatif akhirnya terwujud. Jembatan beton permanen melintasi Sei Kepojan tuntas 100 persen hingga akhir tahun 2020.

Jembatan Sei Kepojan sepanjang 25 meter yang dibangun bersumber APBD Pelalawan 2020 yang dikerjakan PT Mitra Wira Jaya, betul-betul menjadi urat nadi transportasi bagi masyarakat untuk mengeluarkan hasil pertanian, terutama Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit.

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat Kecamatan Bunut, Bujang Era. Menurut dia, masyarakat Bunut sudah hampir 14 tahun mengusulkan dibangunnya jembatan permanen menghubungkan dua sisi sungai Kapojan.

"Alhamdulillah penantian panjang masyarakat yang mendambakan jembatan Sei Kepojan yang layak akhirnya terwujud tahun ini. Kami menyampaikan ucapan terima kepada Pemda serta rekanan yang sungguh-sungguh merampungkan pembangunan jembatan Sei Kepojan," cakapnya, Kamis (7/1/2021).

Sebelum adanya jembatan permanen ini, kata mantan anggota DPRD Pelalawan tersebut, memang sudah ada jembatan dibangun swadaya masyarakat dengan kontruksi seadanya. Kondisinya pun hanya bisa dilewati kendaraaan roda dua dan sudah banyak pula memakan korban.

"Sudah banyak kejadian, dulunya ada warga pengangkut buah sawit pakai sepeda motor dan nyeplung ke dalam sungai. Hal ini mengingat kondisi badan jembatan yang dibangun dari kayu, lapuk dan berlubang-lubang," imbuhnya.

Dengan dibangunnya jembatan beton permanen Sei Kepojan tersebut akan menggerakan roda perekonomian masyarakat setempat. Soalnya di seberang Sungai Kapojan terhampar perkebunan kelapa sawit milik masyarakat.

"Akan membantu, masyarakat dengan pembangunan jembatan Sei Kepojan ini. Roda ekonomi bergerak sebab hasil dari pertanian lancar untuk dikeluarkan," tukasnya.

Keberadaan Jembatan Sei Kepojan ini bisa menjadi akses alternatif penghubung antar desa. Misalnya, bisa tembus ke Pekan Tua dan PT Adei Playstation.

Di tempat terpisah, Humas PT Mitra Wira Jaya, Alex Syahputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, sehingga Jembatan Sei Kepojan bisa dituntaskan tepat waktu.

Meskipun dalam perjalanannya, pihaknya selaku rekanan di lapangan banyak mendapatkan persoalan yang berpotensi mengganggu pekerjaan tidak bisa dikejar tepat waktu. Akan tetapi berkat support tokoh masyarakat dan warga setempat pekerjaan ini dapat dituntaskan tepat waktu.

Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan pembangunan jembatan oleh PT Mitra Wira Jaya, tuntas dikerjakan tepat waktu dengan bobot pekerjaan 100 persen.

Menurut dia, ada tiga unit jembatan yang dibangun tahun ini, yaitu Jembatan Sei Kepojan Kecamatan Bunut, jembatan Desa Sering di Kecamatan Pelalawan dan jembatan Trimulya Jaya di Kecamatan Ukui.

"Yang Kapojan Bunut siap 100 persen, sementara di Sering dan Ukui itu bobot pekerjaanya di atas 90 persen jadi diluncurkan pada tahun 2021," tutupnya.***






Tulis Komentar