Vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru Gelombang Kedua Segera Dimulai, Ini Jadwalnya dan Peruntukannya

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Vaksinasi gelombang kedua di Kota Pekanbaru segera dimulai. Dinas Kesehatan (Diskes) memperkirakan vaksinasi dimulai pekan depan.

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, saat ini Pemko Pekanbaru sudah mendapatkan sekitar 27.000 dosis vaksin untuk tahap pertama gelombang kedua tersebut.

"Kita baru dapat vaksinnya sekitar 27.000 dosis untuk tahap pertama. Kemungkinan akan kita mulai vaksinasi untuk gelombang kedua, sekitar minggu depan," kata Zaini, Sabtu (27/2/2021).

Kata dia, vaksinasi gelombang kedua ini diprioritaskan bagi pekerja pelayanan publik, guru, TNI-Polri dan pekerja keamanan, pekerja transportasi publik serta pedagang. Zaini menjelaskan, kriteria penerima vaksin gelombang kedua ini menyesuaikan dengan aturan yang sudah diberlakukan.

Lanjutnya, saat ini telah berlaku Keputusan Kemenkes dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid, dan Penyintas Covid-19, serta Sasaran Tunda. Artinya, vaksinasi juga akan menyasar pelayan publik usia lansia ataupun komorbit.

Menurut Zaini, vaksinasi gelombang pertama, yaitu bagi tenaga kesehatan (Nakes) saat ini sudah selesai untuk tahap pertama. Tinggal vaksinasi tahap kedua atau dosis kedua, menyusul dimulainya vaksinasi gelombang kedua pada pekan depan.

"Yang tahap pertama di gelombang pertama sudah selesai, tinggal tahap kedua. Kitakan rencanakan mulai vaksinasi gelombang kedua minggu depan, nanti bersamaan dengan penyelesaian tahap kedua gelombang nakes itu," jelasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar