Rambu Pemberhentian Angkutan Umum Terpasang di Daerah Pinggiran Kota, Ini Tujuannya


PEKANBARU (INDOVIZKA) - Beberapa rambu lalulintas tampak terpasang di beberapa jalan pemukiman di pinggiran kota. Seperti yang terlihat di Jalan Cipta Karya, Jalan Datuk Tunggul hingga Purwodadi Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru.

Meski telah terpasang rambu-rambu namun hingga kini daerah tersebut belum juga terjangkau angkutan umum. Lalu untuk apa sebesarnya rambu-rambu tersebut dipasang?

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mengatakan nantinya rambu-rambu lalu lintas itu untuk mendukung program kendaraan atau angkutan feeder yang telah diwacanakan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru beberapa tahun terakhir.

"Rencana untuk feeder," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru Yuliarso, Senin (8/3/2021) ketika ditanya fungsu rambu yang telah terpasang di sejumlah jalan pemukiman.

Transportasi feeder atau penyambung ini adalah angkutan dari pemukiman ke bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Tujuannya mempermudah masyarakat mengakses angkutan umum dari daerah yang selama ini tidak terjangkau.

"Masih dalam proses unit dan mekanisme pendanaan. Jadi kita masih persiapan," jelasnya.

Ia menyebut, semua keperluan untuk angkutan feeder ini sudah dipersiapkan. Direncanakan, tahun ini angkutan penyambung dari pemukiman ke bus TMP sudah berjalan.

"Sudah dipersiapkan. Tahun ini direncanakan sudah berjalan. Namun saat ini masih mempersiapkan segala sesuatu pendukungnya. Baik administrasi maupun pendanaannya," jelas Yuliarso.

Pengoperasian feeder bertujuan memotivasi warga menggunakan bus TMP untuk bepergian di wilayah dalam kota. Hal itu diharapkan membantu mengurai kepadatan lalu lintas serta mengurangi subsidi ke TMP.***






Tulis Komentar