Bupati Pelalawan Terpilih Sampaikan Program 2022 saat Musrengbang RKPD


PELALAWAN (INDOVIZKA) - Bupati Pelalawan terpilih H Zukri menyampaikan program pembangunan Pelalawan untuk direalisasikan pada tahun 2022. Hal ini disampaikannya pada Musrengbang RKPD Kabupaten Pelalawan 2021, di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, Rabu (10/3/2021).

Musrengbang RKPD 2021, merupakan peralihan tampuk pimpinan kepala daerah dari bupati Harris kepada bupati dan wakil bupati terpilih H. Zukri- H. Nasarudin. Dimana pada pertengahan bulan April 2021, HM Harris mengakhiri masa tugasnya.

Situasi peralihan, tampuk pimpinan yang ditandai dengan Musrengbang berjalan kondusif. Hal ini terbukti banyaknya, kehadiran tokoh masyarakat Pelalawan. Salah satunya, adalah Tengku Azmun Jaafar mantan bupati Pelalawan. Kondisi ini merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Pelalawan. Patut diberikan applause, buat panitia Musrengbang.

Zukri bupati terpilih diberikan kesempatan oleh panitia menyampaikan sambutan pada Musrengbang RKPD Kabupaten Pelalawan tahun 2021, tampil hampir memakan waktu satu jam. Meskipun banyak menyita waktu, pidato dia ini, sederhana, lugas, terarah, mengerucut seperti piramida terbalik. Enak dicerna, mudah dipahami dan berpijak kepada visi dan misi janji kampanyenya, yakni Pelalawan Maju.

Bahkan, peserta Musrengbang tampak, tidak mau beranjak sedikipun menikmati momen pertama Zukri menyampaikan pidato resmi di lingkup Pemda Pelalawan setelah dinyatakan sebagai bupati terpilih.

Rangkuman ringkas, pidato Zukri mengulas arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2022 dan gambaran awal kebijakan RPJMD Kabupaten Pelalawan 2021-2026. Dalam pidatonya ini dijabarkan pula visi jangka menengah 2021-2026.

Sesuai konsep yang diusung pada waktu Pilkada, yakni Pelalawan Maju, pada pidatonya Zukri menyampaikan 5 misi yaitu Maju SDM yang Agamis, Maju Ekonomi, Maju Insfrastruktur, Maju Wisata dan Budaya dan Maju Pemerintahan.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan 7 arah kebijakan di tahun 2022, atau pada tahun tersebut merupakan tahun pertama merealisasikan APBD Pelalawan.

Ketujuh arah kebijakannya adalah pertama, peningkatan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Kedua peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan. Ketiga, pengembangan industri kecil menengah melalui penguatan UMKM. Keempat pemantapan insfratruktur dan konektivitas wilayah.

Kelima, pembenahan dan penataan insfratruktur ibukota Pelalawan. Keenam, pengembangan destinasi wisata potensial dan terakhir ketujuh, layanan pemerintah berbasis, informasi teknologi dan terintegrasi.

Banyak hal yang ia sampaikan, terutama menyangkut janji-janji sewaktu kampanye lalu, mesti direalisasikan. Tahun ini, ia memprioritaskan banyak-banyak membuat DED dan pada tahun mendatang tinggal mengambil duit dan menjalankan.

Ia menyadari, dengan keterbatasan anggaran Pelalawan saat ini, tidak akan mampu menopang pembangunan Pelalawan seutuhnya, dia berharap adanya sinergi perusahaan yang beroperasi di Pelalawan dengan pemerintah daerah.

Di bidang infrastruktur khususnya jalan, Zukri langsung 'membajak' pihak-pihak perusahaan untuk terlibat ikut membangun. Misalnya untuk Pangkalan Kerinci ia mendesak PT RAPP membangun jalan Langgam-Kota Pangkalan Kerinci sepanjang 7 kilometer, mulai dari lampu merah sampai dengan KM 7.

Begitu juga di Betung, ia meminta PT Arara Abadi, atau PT Musim Mas turun tangan. Jalan Ukui-kerumutan diminta PT PHE dan PT SLS berkolaborasi menuntaskan jalan di sini. Sementara jalan lintas Bono saat ini statusnya sudah jalan provinsi ia meminta provinsi menuntaskan. Kata dia, Pemda Pelalawan pun siap menggarap jalan lintas Bono yang belum tuntas meskipun ia bersifat fungsional.

Pada kesempatan tersebut diberikan penghargaan CSR terbaik kepada empat perusahaan dan empat penghargaan 4 camat penggerak pembangunan terbaik kabupaten Pelalawan Tahun 2020.


Keempat perusahaannya, adalah PT RAPP, PT Sari Lembah Subur, PT Suna Betah dan PT Safari Riau. Sementara empat camat adalah, Firdaus Wahidin camat Pangkalan Kuras, Husnizal Camat Kerumutan, Tengku Safril Camat Kuala Kampar dan Amri Juharja Camat Ukui.***






Tulis Komentar