Pilihan
AWG Kibarkan Bendera Indonesia-Palestina di Gunung Raung
4 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan, Menurunkan Risiko Diabetes hingga Mencegah Kanker
INDOVIZKA.COM - Buah berbentuk unik ini juga dikenal dengan nama buah kaktus.
Ya, buah naga memang berasal dari keluarga kaktus, dengan tampilan kulit yang terlihat runcing dan seperti sisik.
Di balik rasanya yang lezat, buah naga rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan, karena kaya kandungan nutrisi.
Buah naga mengandung riboflavin yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, mencegah migrain, hingga menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Tak hanya itu, kandungan magnesium dalam buah naga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan menjaga kebugaran tubuh.
Selain itu, masih ada empat manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh:
1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
Buah naga kaya akan flavonoid dan antioksidan yang dapat membunuh radikal berbahaya dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
Buah naga juga merupakan sumber vitamin C yang jauh lebih baik daripada wortel.
Selain itu, kandungan vitamin B, kalsium, fosfor, niasin, dan serat dalam buah naga secara kolektif berkontribusi pada peningkatan fungsi kekebalan tubuh.
2. Membantu menurunkan risiko diabetes
Buah naga adalah sumber kaya serat, yang membantu menjaga kadar gula darah normal.
Selain itu juga mampu mengurangi stres oksidatif yang dianggap sebagai salah satu akar penyebab resistensi insulin pada diabetes tipe 2.
Satu studi menemukan, tikus yang obesitas ketika diberi makan buah naga, risiko diabetesnya menurun.
3. Meningkatkan fungsi jantung
Sebuah studi khusus yang dilakukan pada hewan yang dilakukan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan, konsumsi buah naga membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
Biji hitam yang ada di dalam buah juga memiliki asam lemak omega yang cukup untuk mengurangi trigliserida dan meningkatkan fungsi kardiovaskular.
4. Membantu mencegah kanker
Menurut beberapa penelitian, buah naga adalah sumber kaya kandungan Lycopene, yang memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker prostat dan ovarium.
Selain itu, radikal bebas juga dapat terbunuh oleh jumlah antioksidan yang banyak dalam buah ini, sehingga membantu mencegah kanker. (*)
.png)

Berita Lainnya
Dua Warga Keritang Inhil Terindikasi Reaktif PDP Covid-19
Ingin Menurunkan Berat Badan tapi Tetap Bisa Makan Enak, Ini Kiatnya
Hari Ini Semua Daerah di Riau Terdapat Kasus Positif Covid-19, berikut sebarannya
6 Warga Pekanbaru Terinfeksi Rabies
5 Waspadai Vaping Perlu Diwaspadai
Tak Perlu ke RS, Ini Tahapan yang Harus Dilakukan Setelah Positif Covid-19
Puskesmas Sungai Piring Rujuk 3 Balita Stunting Ke RSUD Puri Husada Tembilahan
Capain Vaksin Polio di Riau Baru 58%
Alat Tes PCR Senilai Rp7 Miliar Segera Tiba, Riau Tidak Lagi Kirim SWAB ke Labor Jakarta
Dicurigai Omicron, 32 Sampel Dikirim Diskes Pekanbaru ke Litbangkes Jakarta
15.023 Produk Farmasi dan Pangan Ilegal Dimusnakan di Inhil
Seluruh Wilayah Indonesia Akan Terapkan PPKM Level 3 Mulai 24 Desember 2021