Debit Air Naik, Pintu Bendungan PLTA Koto Panjang Belum Dibuka

ilustrasi

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Tingginya intensitas curah hujan belakangan ini, membuat debit air di bendungan PLTA Kota Panjang, Kabupaten Kampar, Riau mengalami kenaikan.

Meski debit air naik, belum ada rencana manajemen PLTA Koto Panjang membuka pintu bendungan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal kepada INDOVIZKA.com mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Kampar, sampai sejauh ini belum ada rencana pembukaan pintu PLTA.

"Sampai saat ini belum ada rencana PLTA mau buka pintu. Memang ada kenaikan debit air, tapi belum mencapai ambang batas," kata Edy Afrizal, Ahad (28/3/2021).

Lebih lanjut Edy Afrizal menjelaskan, kondisi saat ini Tinggi Muka Air (TMA) bendungan PLTA Koto Panjang 81,5 meter.

"Biasanya kalau sudah 82,50 meter baru ada rencana pembukaan pintu. Sedangkan ketinggian elevasi spillway PLTA Koto Panjang 79.63 MDPL," ujarnya.

Meski demikian, Edy Afrizal mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu air sungai naik ke permukaan.

"Kita juga sudah minta teman-teman BPBD Kampar untuk siaga mengantisipasi terjadi banjir, mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi," tutupnya.***






Tulis Komentar