25 TPS PSU, Segala Kemungkinan Masih Bisa Terjadi di Akhir Pilkada Rohul

Panca Setyo Prihatin.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Pengamat Politik dari Universitas Islam Panca Setyo Prihatin mengatakan, dengan akan dilakukannya putusan MK untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Rokan Hulu, masih membuka peluang bagi dua belah kandidat untuk memenangkannya.

Sebagaimana diketahui, pasangan Hafith Syukri - Erizal menggugat hasil Pilkada Rohul ke MK. Dimana KPU Rohul memutuskan bahwa pasangan yang unggul adalah pasangan Sukiman - Indra Gunawan.

"PSU di Rohul yang akan dilakukan di 25 TPS, dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3.580 dan selisih suara 2.148, segala sesuatu masih bisa terjadi," kata Panca, Senin (29/3/2021).

Sebelum PSU dilakukan, Panca mengatakan kerja - kerja politik partai pendukung dan tim pemenangan Hafith Syukri dan Erizal yang intens bisa merubah peta politik, walaupun berat, tapi situasi bisa saja berubah, karena tidak ada yang tidak mungkin dalam politik.

"Tentu segala macam upaya akan dilakukan Hafith Syukri - Erizal untuk memenangkan PSU ini. Melawan incumbent yang memiliki potensi sumber daya yang kuat dan sistematis, biasanya akan dilawan dengan isu-isu dan fakta-fakta selama kepemimpinan incumbent dari sisi kelemahan selama memimpin negeri seribu suluk, ini bahkan tidak jarang politik identitas menjadi isu yang dimainkan sebagai bagian dari cara memaksimalkan peluang mendapatkan suara," cakapnya.

Lebih jauh, Panca mengatakan, kondisi yang tegang dan berpotensi melahirkan gesekan antar kelompok pendukung. Maka dituntut kerja - kerja yang profesional dari penyelenggara, termasuk pihak keamanan untuk memastikan pelaksanaan PSU aman dan damai karena siapapun yang menang yang menjadi harapan masyarakat adalah, bagaimana daerahnya bisa berkembang dan masyarakatnya terbebas dari belenggu kemisikinan dan ketertinggalan.

"Jadi pemenang PSU sesungguhnya adalah paslon yang bisa menjaga amanah dan janji-janji politiknya dalam visi misi yang tertuang dalam program nyata yang pro rakyat," tukasnya.






Tulis Komentar