Dalam Tiga Hari, Target Vaksinasi di Pekanbaru 10.000 Orang

Salah satu peserta jalani vaksinasi.

PEKANBARU (INDOVIZKA) - Program vaksinasi massal yang digelar oleh DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Pekanbaru, Forum RT/RW, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru di dua tempat yakni di Sekolah Darma Yudha dan Novotel Pekanbaru menargetkan 10.000 orang. Vaksinasi akan digelar selama 3 hari, yakni 7-9 April 2021.

Walikota Pekanbaru Firdaus didampingi Ketua Panitia Bersama Ismardi Ilyas saat melakukan peninjauan ke lokasi mengatakan saat ini antusias masyarakat untuk ikut vaksin sangat tinggi.

"Dari dua tempat yang ditinjau Alhamdulillah terlihat antusiasnya sangat tinggi. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," ujar Firdaus, Rabu (7/4/2021).

Ia mengatakan dirinya berharap target 10.000 vaksinasi ini bisa diselesaikan.

"Terimakasih kepada semua pihak yang membantu suksesnya acara ini. Terimakasih juga untuk Darma Yudha dan Novotel yang sudah menyediakan tempat," cakapnya.

Ia mengatakan, dari 1.2 juta penduduk Pekanbaru, nantinya yang akan divaksin diperkirakan ada 650.000 warga. Meski saat ini pendataan belum selesai sepenuhnya, namun diperkirakan jumlahnya mencapai segitu.

"Saat ini yang sudah divaksin 30.000 an, jadi masih ada sekitar 600.000 an warga lagi yang harus diselesaikan untuk vaksinasinya hingga Desember. Jadi rata-rata dalam sehari yang harus kita vaksin adalah 2.300 setiap hari," ungkapnya.

Namun dikatakan Walikota, pekerjaan ini memang sangat berat. Sekalipun Pekanbaru memiliki 32 Rumah Sakit ditambah Puskesmas, ditambah klinik, namun ini tak bisa dilakukan secara reguler.

"Untuk itu vaksinasi massal ini sangat dibutuhkan dan juga kita butuhkan kerjasama masyarakat baik secara kelompok atau organisasi maupun perorangan," cakapnya.

Bendahara LPM Pekanbaru Kamin mengatakan kegiatan yang digelar hari ini adalah sebagai bentuk dukungan terhadap program vaksinasi Pemerintah.

"Untuk hari ini di Darma Yudha kita targetkan itu 1.700 orang yang divaksin, hari kedua 1.700 orang dan hari ketiga 1.600. Totalnya 5.000 orang yang divaksin. Begitu juga dengan yang di Novotel Pekanbaru. Jadi total target kita di dua tempat ini adalah 10.000 orang," ujar Kamin yang juga Ketua PSMTI Pekanbaru.

Ia mengatakan pihaknya sangat optimis target ini tercapai. Karena hingga kini pendaftar saja sudah melebih target.

"Untuk yang di Darma Yudha ini saja, pendaftarnya sudah mencapai 6.300. Dari pengalaman, dari jumlah pendaftar mungkin nanti ada yang tak bisa divaksin karena faktor-faktor tertentu. Sehingga memang jumlah pendaftar kita lebihkan," cakapnya.

Kamin mengatakan lagi, jika nantinya jumlah yang akan divaksin melebihi target dan animonya sangat tinggi, direncanakan akan dilakukan ivent serupa lanjutan.

"Tadi saya sudah sampaikan kepada Walikota bahwa animo masyarakat sangat tinggi dan diperlukan ivent-ivent seperti ini di kemudian hari," sebutnya.

Disampaikan Kamin, adapun untuk target vaksinasi kali ini adalah Ketua RT/RW se-Pekanbaru, pengurus LPM se-Pekanbaru, Tenaga Pendidik, FKUB, MDI dan IKMI, PSMTI, Marga Lie Pekanbaru, PITI dan juga pelaku ekonomi/sponsor/karyawan.

"Kegiatan ini juga didukung oleh Darma Yudha Pekanbaru, PSMTI Pekanbaru, Perkumpulan Marga Lie Pekanbaru, PITI Pekanbaru dan juga PT Fatika Riau Perkasa," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar