Stok Bahan Pangan di Siak Cukup Sampai Idul Fitri

Pasar Tradisional Belantik Raya, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak

SIAK (INDOVIZKA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman mengatakan ketersediaan sebelas bahan pangan pokok mulai bulan Januari-Maret 2021 masih cukup, bahkan diperkirakan stok bahan pangan hingga Idul Fitri mendatang masih stabil.

Hal itu disampaikan Arfan saat mengikuti acara High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Provinsi Riau Tahun 2021 bersama Wakil Gubernur Riau dan Kapolda Riau di Pekanbaru, Rabu (7/4/2021).

"Ketersediaan bahan pangan hingga lebaran mendatang diperkirakan masih cukup. Namun ada beberapa komoditas seperti cabe, telor dan daging mengalami fluktuasi kenaikan harga," cakap Arfan.

Dijelaskannya, untuk inflasi di Siak tahun 2020 tercatat sebesar 2,82 persen, masih dibawah yang ditetapkan pemerintah yaitu 3,00-4,00 persen. Sedangkan untuk tahun 2021 juga masih di bawah 3 persen.

Untuk ketersediaan beras, kata Arfan, Bulog Subdivisi Regional Bengkalis dan Pekanbaru yang membawahi Kabupaten Siak masih tersedia sampai 4 bulan ke depan.

"Menghadapi ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah ini, stok beras kita masih banyak," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Syahrial melalui Staf Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Rosadi memastikan kondisi persediaan bahan pangan tidak ada kendala, termasuk masalah distribusi.

"Distribusi pun sampai saat ini tidak ada kendala, aman dan lancar. Kami prediksi, tidak ada kekurangan bahan pangan jelang ramadan samai lebaran ini," katanya.

Kalaupun terjadi kekurangan ketersediaan, sambung Rosadi, bisa jadi disebabkan macetnya distribusi dari provinsi penyuplai. Biasanya dampak dari bencana alam di daerah penyuplai.

"Misalnya daerah Sumbar terjadi longsor sehingga jalan macet, otomatis ya distribusi juga macet. Tapi yang kita harapkan tidak ada kejadian seperti itulah," ujarnya.

"Untuk saat ini, jumlah ketersediaan sementara bahan pangan kita jelang ramadan baru akan kami lakukan penghitungan," tutupnya.**

 






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar