Bupati Siak Suruh Warganya Jadi Tukang Pandai Besi

Alfedri

SIAK (INDOVIZKA) - Melihat potensi perkebunan sawit di Kabupaten Siak, Bupati Alfedri merekomendasikan warganya untuk membuka usaha pandai besi sebagai pembuat produk alat-alat perkebunan dan pertanian.

Hal itu disampaikannya saat memaparkan program pemberdayaan ekonomi keluarga prasejahtera dalam rangka pemulihan kondisi ekonomi akibat Covid-19 di tahun 2022 mendatang di Kecamatan Lubukdalam, Rabu (21/4/2021).

"Saya minta di Lubukdalam ini ada usaha pandai besi. Kita se-kabupaten ini tak ada yang memiliki usaha itu, yang membuat dodos saja selama ini kita membeli produk dari Kampar," kata Alfedri.

Ia mengatakan, Kabupaten Siak ini memiliki kebun sawit seluas 342 ribu hektare. Menurutnya, tentu para petani membutuhkan peralatan perkebunan.

"Petani tentu perlu alat seperti dodos, tojok, egrek atau yang lain-lain. Nah ini kan sebuah peluang," katanya.

Menurutnya, potensi usaha pandai besi ini memiliki nilai ekonomi yang cukup besar, sebab semua warga yang memiliki kebun sawit mencari alat-alat pertanian. Tak hanya itu, petani sawah pun butuh peralatan yang serupa dan produk tersebut dapat dikembangkan oleh usaha pandai besi tersebut.

"Nanti usaha itu dimasukkan ke dalam program usaha UMKM. Dan nanti kita bisa tetapkan usaha apa yang menjadi unggulan di wilayah kampungnya," jelasnya.

Alfedri juga menyampaikan, pemanfaatan Dana Desa sebanyak 60 persen harus dialokasikan untuk peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia (SDM).

"Pembangunan penting, tapi ada yang lebih penting lagi, pembangunan manusia. Kita bangun manusianya melalui penguatan ekonomi dan peningkatan SDM. Infrastruktur boleh, tapi infrastruktur yang bersentuhan langsung untuk peningkatan ekonomi dan SDM. Jadi saya minta kerjasamanya kepada pemerintah desa," katanya.






Tulis Komentar