Pasca Bentrok Pedagang dan Satpol PP, Begini Kondisi Jalan Agus Salim


PEKANBARU (INDOVIZKA) - Pasca bentrok antara Satpol PP Kota Pekanbaru dan pedagang Pasar Agus Salim kemarin, hari ini, Jumat (19/11/2021), beberapa pedagang masih terlihat menggelar lapak seadanya di lokasi tersebut. Di persimpangan Jalan Agus Salim - Jalan Sudirman itu masih terlihat beberapa pedagang sayur.

Lapak yang sebelumnya berdiri di trotoar, seluruhnya sudah rata. Dua alat berat masih ada di lokasi tersebut. Personel Satpol PP Kota Pekanbaru dan Satpol PP Provinsi Riau masih berjaga di sekitar jalan itu.

Selain Satpol PP, Personel Dishub Kota Pekanbaru juga terlihat ada di lokasi. Pasukan kuning dari Dinas PUPR juga terlihat membersihkan puing-puing bekas runtuhan lapak pedagang.

Sebelumnya, Tim yustisi Kota Pekanbaru turun ke Jalan Agus Salim untuk menertibkan pedagang setempat. Alat berat dikerahkan untuk membersihkan lapak para pedagang.

Penertiban sempat diwarnai bentrokan antara Satpol PP dan pedagang yang berusaha menutup akses jalan di persimpangan Jalan Sudirman menuju Jalan Agus Salim. Mereka menolak direlokasi dengan alasan lokasi relokasi tidak layak.

Saat kejadian, balok kayu dan batu sempat beterbangan di tengah bentrok petugas dan pedagang. Informasi yang diterima, dua anggota Satpol PP Kota Pekanbaru terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Iwan Simatupang saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Dua anggotanya itu telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Ya sekarang udah dibawa ke rumah sakit. Kita doakan mereka tidak kenapa-kenapa lah," kata Iwan.

Sebelum pembongkaran dimulai kemarin, pedagang memang sudah berkumpul di persimpangan Jalan Agus Salim - Jalan Sudirman. Mereka menolak lapak yang berdiri di trotoar jalan dibongkar paksa. Sejumlah pedagang menghadang petugas yang hendak melakukan penertiban menggunakan alat berat.

"Insiden tadi kan hanya adu argumentasi saja. Saudara kita yang ada disini mempertanyakan proses operasi penertiban ini. Sejauh ini kita lihat sudah banyak saudara-saudara kita disini yang melakukan pembongkaran sendiri," kata Iwan.

Ia menyebut, ada 360 personel gabungan yang diturunkan dalam pembongkaran lapak pedagang ini. Pembongkaran lapak ditargetkan tuntas hari ini. "Para pedagang direlokasi ke pasar Rakyat Agus Salim, dekat sini juga. Data dari kita ada 192 lapak yang direlokasi," jelasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar